Koperindagpastam Tanah Datar Gelar Pelatihan Bagi Pelaku Usaha

Tanah Datar, Editor.- Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan UKM yang ada di Kabupaten Tanah Datar, pemerintah setempat melalui Dinas Koperindagpastam  menggelar pelatihan kewirausahaan bagi pelaku usaha. 

Abdul Hakim, SH Kadis Koperindagpastam Kab Tanah Datar diwakili oleh Elnofembri, SE, M.Si selaku Kasi Pemberdayaan UKM menjelaskan, pihaknya menggelar pelatihan kewirausahaan selama 4 hari berturut-turut selama bulan September 2016.

“Selama bulan September 2016 kita akan gelar pelatihan kewirausahaan selama 4 kali. Ini untuk memberikan informasi kepada pelaku usaha agar pendapatan pelaku usaha terus meningkat. Kita selaku pemerintah daerah tentu mampu melihat permasalahan yang dihadapi pelaku usaha (UKM), nah kemudian kita sama-sama mencarikan solusi permasalahan itu,” tutur Elnofembri, SE, M.Si.

Dia menjelaskan, pelaku usaha harus dibina dan diarahkan agar makin produktif dan mampu bersaing agar usahanya tidak mati. Selain itu, pihak Koperindagpastam berencana untuk menganggarkan dana agar acara itu terus berlangsung tiap tahunnya.

“Kita harus bina pelaku usaha ini agar benar-benar mampu menghidupi usahanya dan dapat membuka lapangan kerja baru. Insya Allah kita akan usahakan agar dapat menganggarkan dana supaya kita mampu melaksanakan kegiatan ini secara terus menerus tiap tahunnya,”,jelas Elnofembri, SE, M.Si pada Editor di ruang kerjanya.

Pelatihan kewirausahaan yang digelar itu telah memasuki hari ke-2.  Saat diminta keterangan mengenai karya UKM yang sudah ada dipasar dan diakui, Kasi Pemberdayaan UKM itu menjawab baru tenun pandai sikek yang dapat menembus pasar dan menjadi kebanggaan.

“Persaingan usaha yang makin meningkat membuat pelaku usaha harus mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman. Saat ini hanya tenun pandai sikek yang sudah menembus pasar dan bisa dibanggakan, yang lain belum ada. Kita berupaya agar pelaku usaha mendapatkan bimibingan dan bantuan dalam bentuk kelompok supaya pelaku usaha kita mampu bersaing dan perekonomian masyarakat tidak lesu,” jelas Elnofembri, SE, M.Si

Kasi Pemberdayaan UKM Koperdindagpastam Tanah Datar pada Selasa 6 September 2016 itu juga menjelaskan bahwa Koperasi yang ada banyak yang tidak jalan, hal tersebut perlu mendapatkan perhatian khusus pemerintah setempat . ** Risko Mardianto

1370 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*