Komisi IV DPRD Sumbar Tinjau Rencana Normalisasi Batang Simo

Saok Lawas, Editor.- Komisi IV DPRD Provinsi Sumatera Barat,   Kamis (25/1) meninjau rencana normalisasi sungai Batang Simo di Nagari Saok Lawas Kecamatan Kubung Kab Solok. Kunjungan ini dipimpin lansung oleh Ketua Komisi IV HM Nurnas.

Dalam kunjungan tersebut HM Nurnas menjelaskan, Batang Simo ini sangat mendesak untuk dinormalisasi,  karena kalau tidak segera dinormaisasi akan mengancam perumahan masyarakat dan merusak  puluhan  hektar sawah masyarakat didaerah ini. Untuk itu pada tahun 2018 pekerjaan normalisasi  Batang  Simo  sudah dimulai.

Menurut HM Nurnas, setiap pembanngunan normalisasi sudah pasti memakan tanah, untuk itu diharapkan peran serta  wali nagari dan tokoh masyarakat setempat untuk mensosialisasikan kepada masyarakat yang berhubungan dengan kegiatan rencana normalisasi tersebut.

“Manfaat normalisasi ini berbeda dengan pola yang lama. Kalau pola  lama setelah dipasang Dam tidak bisa dimanfaatkan untuk jalan. Tapi kalau sekarang setelah ada Dam dibuatkan badan jalanyang juga berfungsi untuk jalan tani. Sehingga terjadi dua  fungsi, mengalirkan sungai untuk irigasi dan jalan jyang bisa dimanfaatkan oleh petani untuk mengangkut hasil panennya dari sawah,” ujar Nurnas.

HM Nurnas juga menyampaikan, anggraan yang tersedia untuk Batang Lembang di APBD Provinsi Sumbar pada tahun 2018 ini sebesar Rp 3,5 Milyar karena Batang Simo ini merupakan anak Sungai Batang lembang. Sementara untuk Batang Simo sendiri dialokasikan sebesar Rp 1 Milyar .

Percepatan pekerjaan, jelas Nurnas, tergantung dari percepatan perlelangan. Kalau bisa pelelengannya jangan melewati Maret 2018, derngan cepat dilelangkan tentu akan menguntungkan dalam kegiatan. Kalau kontrak dilakukan pada Agustus waktunya sudah mepet dan kalau waktu mepet dikhawatirkan mengganggu  kulaitas pekerjaan.

Pada kesempatan ini Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat M Algazali  selaku putra daerah Saok Lawas juga mengatakan, normalisasi Batang Simo sudah sejak lama ditunggu tungu oleh masyarakat  Saok Lawas, karena Batang Simo ini setiap tahun selalu terjadi banjir, sehingga menggenangi pemukiman dan merusak sawah sawah masyarakat. Untuk itu pada tahun ini dia meluncurkan Dana Pokok Pokok Pikirannya (Pokir) sebesar Rp 1 Milyar untuk memulai Normalisasi Batang Simo ini.

Muslim M Yatim anggota Komisi IV DPRD Provinsi Sumatera Barat juga menyampaikan, proyek normalisasi Batang Simo sangat mendesak untuk dilaksanakan, dimulai dengan dana pokok pokok pikiran anggota DPRD asal daerah ini.

“Kalau dibandingkan dengan kebutuhan dana  secara keseluruhan, jumlah ini masih sangat kecil karena pajang sungai ini 4 Km, sementara biaya satu meternya Rp 10 Juta. Jadi untuk proyek ini dibutuhkan dana yang cukup

Ir Rahmad Yuhendra Kasi Rehab dan pengembangan  Sungai dan Pantai Dinas PSDA Sumbar juga menyampaikan, sampai saat  ini rencana normalisasi Batang Simo baru dalam tahap penyusunan dokumen lelang. Mudah-mudahan dalam waktu dekat segera dilelang. Normalisasi Batang Simo ini adalah bahagian dari Proyek Batang Lembang yang dianggarkan sebesar Rp 3,5 Milyar untuk tahun 2018 ini. Khusus unutk Batang Simo sebesar 1 Milyar dari dana Pokir M

Sehabis meninjau rencana Normalisasi Batang Simo di Saok Lawas Kecamatan Kubung, selanjutnya Komisi IV DPRD Sumbar juga meninjau perbaikan jembatan jalan Payakumbuh Sitangkai yang berlokaksi di Nagari Halaban. Ketua Komisi IV DPRD Sumbar Hm Nurnas sangat mengapresiasi kecepatan PUPR dalam menangani daan penyelesaian jembatan yang lonsor ini, karena ruas jalan Payakumbuh Sitangkai ini  sangat padat dilalui oleh kenderaan menuju Tanah Datar, Sijunjung dan  daerah sekitarnya. ** Herman

797 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*