Ketua Umum Dekranas Resmikan Gedung Promosi Oleh-Oleh Tanah Datar

Ketua Dekranas Mufidah Jusuf Kalla meresmikan gedung promosi dan oleh-oleh Kabupaten Tanah Datar, Sumbar.
Ketua Dekranas Mufidah Jusuf Kalla meresmikan gedung promosi dan oleh-oleh Kabupaten Tanah Datar, Sumbar.

Tanah Datar, Editor.- Mufidah Yusuf Kalla selaku Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) meresmikan gedung promosi dan oleh-oleh Kabupaten Tanah Datar. Diharapkan bila wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Tanah Datar  dapat  berkunjung ke gedung tersebut dan membeli produk UMKM  yang dijual dan dipromisikan disana, Senin siang (8/4).

Pesesmian itu ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pembukaan selubung papan nama gedung  oleh Mufidah Yusuf Kalla, didampingi oleh  Ketua Dekranasda Provinsi Sumatera Barat Nevi Zuairina Irwan Prayitno, Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi, Ketua Dekranasda Tanah Datar Emi Irdinansyah Tarmizi, Mendikbud Muhadjir Effendy dan Menpan RB Syafruddin  yang  hadir dalam acara tersebut dan langsung  meninjau ke dalam gedung dan membeli beberapa kain untuk oleh-oleh.

Ketua Dekranasda Tanah Datar  Emi Irdinasyah pada kesempatan tersebut  mengatakan, tadi pagi  di Sentra Industri Tenun Kabupaten Tanah Datar  juga  diadakan  perjanjian kerja sama antara Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tanah Datar, Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tanah Datar , dan Asosiasi Tour-Travel Sumatera Barat (ASITA).

Dalam perjanjian yang ditandatangai tersebut isinya setiap travel yang bergabung dengan ASITA bila membawa rombongan wisatawan baik itu wisatan manca negara maupun wisatawan lokal  yang berkunjung ke Kabupaten Tanah Datar dapat mengunjungi gedung pusat promosi dan oleh-oleh daerah Kabupaten Tanah Datar ini, ujar Emi Irdinansyah

Selanjutnya  Emi Irdinansyah  menjelaskan, ada beragam produk UMKM yang dijual di gedung tersebut mulai dari makanan, fashion dan kain songket. Adapun kain songket yang dipasarkan songket Pandai Sikek dan Lintau dan beragam batik , gedung ini juga terintegrasi dengan Sentra Industri Tenun Kabupaten Tanah Datar, yang hari ini juga ditinjau Ibuk  Mufidah yang mana  hasil karya perajin tenun dapat dipasarkan di gedung ini.

Bila  anak-anak yang telah dilatih di Sentra Tenun  sudah bisa berproduksi dan untuk pemasarannya  dan mempromosikan hasilnya tersebut  bisa menpergunakan gedung ini

“Ini artinya skema integrasi industri dari hulu ke hilir dapat kita harapkan di sini mulai dari penyediaan bahan baku, pelatihan hingga proses produksi hingga promosi dan daur ulang produksi tersebut,” ungkap Emi Irdinansyah.

Dalam kunjungan kerjanya  ke Tanah Datar, Mufidah Yusuf Kalla juga sempat singgah ke beberapa tempat. Di antaranya ke SMA Plus INS Kayu Tanam, Sentra Industri Tenun Kabupaten Tanah Datar, meninjau lokasi penerima bantuan rehab rumah tidak layak huni di Lintau Buo,dan juga melakukan  peninjauan meninjau Masjid Raya Tanjung Bonai.Kecamatan Lintau Buo Utara. ** Jum

451 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*