Ketua Tim Wasev TMMD ke-110 Kunjungi Mentawai

Ketua Tim Wasev saat penijauan kegiatan TMMD ke 110 di Kab. Kepulauan Mentawai.
Ketua Tim Wasev saat penijauan kegiatan TMMD ke 110 di Kab. Kepulauan Mentawai.

Mentawai, Editor.- Dengan menggunakan Kapal Mentawai Fast, Team Wasev Rombongan Kolonel Inf Yudi Ruskandar hari ini berkunjung di Kabupaten kepulauan Mentawai, Rabu (17/03/2021).

Setelah turun dari kapal Mentawai Fast, team langsung  bergerak menuju Makodim 0319/ Mentawai dan disambut oleh jajaran Forkopimda Mentawai dengan Antusias. Dan bergerak menuju lokasi kegiatan di mana agenda telah terjadwal dari sebelumnya.

Pada kesempatan ini Dandim Letkol Czi Bagus Mardyanto menjelaskan, kunjungan team Wasev akan melakukan pengecekan perkembangan pembangunan TMMD Ke- 110  TA . 2021 Kodim 0319/Mentawai  yang telah berjalan selama beberapa hari ini pada bulan Maret sebelumnya Pra TMMD ke- 110 telah dilaksanakan, sebut Dandim, Rabu (17/03/2021).

“Dalam kesempatan ini juga team Wasev akan berbagi sembako kepada warga setempat,” sebut Dandim 0319/Mentawai Letkol Czi Bagus Mardyanto, Rabu (17/03/2021).

Dandim juga menerangkan, pelaksanaan TMMD tahun ini salah satunya pembangunan pengerjaan jalan penghubung Desa Bukit Pamewa tembusan Desa Betumonga sepanjang 5 Km termasuk Rehap Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dan beberapa fasilitas umum seperti Gereja dan Masjid, terangnya.

“Kunjungan team Wasev akan memberikan arahan agar Satgas selalu bersemangat dan dapat menyelesaikan kegiatan tepat waktu selama TMMD berlangsung,” kata Dandim

Dandim juga akan memaparkan kegiatan  TMMD yang selama ini dilaksanakan di hadapan team rombongan Wasev dan jajaran lainnya.

Sementara itu Ketua tim Wasev Mabesad, Kolonel.inf. Yudi Ruskandar saat berikan pengarahan mengatakan,  Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) TMMD ke-110 tahun 2021, melakukan kunjungan ke kabupaten kepulauan  Mentawai untuk mengukur, melihat terjun kelokasi kegiatan kinerja organisasi satuan tugas TMMD  Mentawai mulai tahap perencanaan, persiapan, pelaksanaan sampai dengan tahap finishing penyelesaian kerja.

Tujuan kegiatan TMMD selain untuk membantu percepatan pembangunan di daerah juga membantu mengatasi kesulitan rakyat serta sebagai sarana untuk mempererat kemanunggalan TNI dan rakyat .

“Kita berharap agar kegiatan TMMD dapat berjalan secara optimal, efektif dan efisien meskipun dalam situasi pandemi Covid-19 yang melanda seluruh wilayah Satgas TMMD” kata dia.

Dia menjelaskan, program TMMD ini dilaksanakan melalui proses perencanaan yang mengutamakan aspirasi dan kepentingan masyarakat di lokasi sasaran TMMD melalui mekanisme bottom up planning yang dilaksanakan secara komprehensif dan integral.

Tentu untuk menyukseskan kegiatan tesebut harus melibatkan semua unsur-unsur yang terkait, dimulai dari tingkat Desa/Kelurahan sampai dengan tingkat Kabupaten danKota.

“Sasaran-sasaran yang telah dipilih dalam kegiatan sasaran fisik maupun non fisik berdasarkan skala prioritas, diteliti dan di padukan dengan Program pemerintah daerah” sebutnya.

Pada kesempatan itu, Ketua tim Wasev Mabesad mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Pemerintah Daerah kabupaten kepulauan Mentawai serta seluruh komponen masyarakat atas partisipasi kerjasama dan semangat gotong-royongnya dalam mendukung kelancaran kegiatan TMMD yang sedang berlangsung.

Minta Hasil Program Dirawat dan Dimanfaatkan

Ketua tim Wasev, menganjurkan seluruh lapisan masyarakat peduli untuk memelihara dan merawat program kegiatan sebaik-baiknya hasil TMMD ke-110 agar dapat di manfaatkan dalam waktu jangka panjang.

Salah satu hal itu, di ungkapkan Ketua Tim Wasev TMMD ke-110, Kolonel.inf.Yudi Ruskandar pada rangkaian kegiatan ramah tamah dengan masyarakat  setempat di Aula Desa Bukit Pamewa kecamatan Sipora Utara kabupaten kepulauan Mentawai, Pada hari Rabu ,(17/3/2021).

“Setelah  kunjungan kegiatan selesai, hasil TMMD ini akan diserahkan kepada Pemerintah Daerah kabupaten kepulauan Mentawai untuk dimanfaatkan oleh seluruh Masyarakat bisa dinikmati dan dirawat seterusnya” kata Yudi Ruskandar

Pada kesempatan itu, Yudi Ruskandar berpesan kepada seluruh Anggota TNI, Anggota Polri, Aparat Pemerintah  kabupaten kepulauan Mentawai dan seluruh lapisan masyarakat setempat untuk senantiasa memupuk  dan kembangkan semangat gotong royong dan pelihara terus kemanunggalan TNI-Rakyat agar kegiatan TMMD dapat berjalan dengan lancar.

Dia menjelaskan, sasaran fisik yang telah di tetapkan untuk  terbangun ,harus dapat mendorong menumbuh kembangkan usaha-usaha masyarakat di bidang perekonomian.

“Guna meningkatkan Derajat kesejahteraan masyarakat dan  saling mendukung pemerintah dalam hal Pemerataan pembangunan dan pengentasan kemiskinan” tuturnya.

Terkait dengan sasaran non fisik yang dilaksanakan, diharapkan dapat mendorong serta bertumbuhnya kreativitas masyarakat dalam mengangkat kualitas kehidupan ke arah yang lebih baik, maju, sejahtera dan mandiri, terangnya.

“Selain itu yang kita harapkan adalah dapat meningkatkan wawasan kebangsaan, cinta tanah air, patriotisme dan kesadaran bela negara” ungkapnya lagi.

Dia juga menyampaikan untuk selalu memelihara hubungan yang sudah berjalan baik selama ini antara Aparat TNI beserta jajaran dengan POLRI, Pemerintah Daerah setempat, maupun Dinas/instansi terkait, Aparat Desa, Tokoh masyarakat, Tokoh Agama dan tokoh Adat sehingga Kemanunggalan TNI-Rakyat semakin kokoh.

Dalam pelaksanaan kegiatan TMMD ini, tetap  selalu tak lepas memperhatikan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19 tanpa mengurangi makna dan semangat gotong-royong, tuturnya mengakhiri.

Tinjau Langsung Kegiatan di Bukit Pamewa

Tim Pengawasan dan Evaluasi (WASEV) Mabes TNI AD  melihat langsung kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 110  kodim 0319/Mentawai  di lingkungan di Desa Bukit Pamewa  kecamatan Sipora Utara Kabupaten kepulaun Mentawai pada hari Rabu tanggal,17/03/2021

Kedatangan Tim Wasev TNI AD  di Kabupaten kepulauan Mentawai untuk kunjungan kekodim 0319/Mentawai ,yang di pimpin langsung Kolonel Inf Yudi Ruskandar bersama rombongan  dan  didampingi kapten kav rendy saptohadi, Kasiter 032/Wbr Kolonel kav Huznizon Dansatgas TMMD Ke-110 Kodim 0319/Mentawai Letkol Czi Bagus mardyanto serta unsur Forkopimda kabupaten kepulaun Mentawai.

Dalam Kunjungan tersebut kelokasi  TMMD Kodim 0319/Mentawai Tim WASEV cek secara nyata  turun kelapangan melihat’ langsung pembangunan sasaran fisik, pembukaan jalan tembus sepanjang 6000 M,  yang  ada diwilayah Desa bukit pamewa kecamatan Sipora Utara, dan Desa Betumonga Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten kepulauan Mentawai serta Pembuatan parit kanan kiri 1 Meter,dan kedalaman 1 Meter kegiatan tersebut.

Ketua Tim WASEV Mabes TNI AD,   Kolonel Inf Yudi Ruskandar  dalam hal ini menyampaikan kehadirannya bersama Tim adalah untuk memastikan proses TMMD berjalan sesuai yang direncanakan.  Dan Ia berharap, melalui kegiatan TMMD, TNI dapat turut serta membantu Pemerintah Daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dimana tujuan dari TMMD sendiri dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, tentunya dibantu dengan Bapak Bupati kepulauan Mentawai dan Forkopimda terkait, kita mengharapkan ini berjalan dengan baik dan sesuai dengan harapan sehingga kesejahteraan masyarakat meningkat dan ketahanan negara juga ikut meningkat, ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Dandim 0319/Mentawai mengapresiasi keterlibatan masyarakat pada kegiatan TMMD Ke 110 di wilayah Desa Bukit pamewa kecamatan Sipora Utara.

Menurutnya, kegiatan TMMD tidak hanya pembangunan fisik, namun juga kemanunggalan TNI dan rakyat semakin meningkatkan dalam ketahanan Negara.**Jumelsen

192 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*