Kerjasama UNP dan Pemkab Tanah Datar Dibidang Pendidikan Ditingkatkan

Padang , Editor.- Rektor Universitas Negeri Padang, Prof Ganefri menyambut ajakan Bupati Tanah Datar agar UNP membuka kampus jauh salah satu jurusan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) di Tanah Datar pada masa mendatang.

“Ajakan dari Bupati Tanah Datar ini pantas diprioritaskan, karena berawalnya UNP dari PTPG Batusangkar, yang saat ini menjadi peringatan ulang tahun UNP yakni setiap 23 Oktober diperingati sebagai Dies Natalis UNP,” ujar Rektor Prof Ganefri usai jamuan makan siang dikediaman Bupati Tanah Datar, Jumat (26/10).

Kedatangan rombongan Rektor UNP ke Tanah Datar merupakan rangkaian kunjungan peletakan batu pertama Monumen PTPG (Perguruan Tinggi Pendidikan Guru). Sebelum menuju lokasi Bukit Gombak, Kenagarian Baringin, Kecamatan Limo Kaum, terlebih Rektor UNP dan rombongan dijamu makan siang oleh Bupati Tanah Datar yang juga bertemu Sekdakab Tanah Datar dan Forkopimda Tanah Datar.

UNP dan Pemkab Tanah Datar sepakat percepatan pembangunan monumen PTPG dipercepat dan dimasa mendatang salah satu lokasi kampus UNP juga akan ditempatkan di Bukit Gombak Kenagarian Baringin, setelah adanya penyerahan lokasi tanah untuk kampus UNP.

Selain itu, rencana pembangunan kampus jauh UNP itu mendapat dukungan penuh jajaran Kerapatan Adat Nagari (KAN) Baringin. Bahkan pimpinan DPRD Tanah Datar melalui Wakil Ketua, Irman juga memberikan dukungan penuh untuk rencana tersebut.

Monumen PTPG Segera Dibangun

Rektor Universitas Negeri Padang Prof Ganefri, PhD bersama Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarimzi pada 26 Oktober 2018 lalu sudah melakukan peletakan batu pertama pembangunan tugu Pendikan Guru (PTPG) di Kenagarian Baringin, Kecamatan Limo Kaum.

“Proses setelah peletakan batu berpertama, pembangunan Monumen PTPG terus berlangsung dan diharapkan menjadi pendukung Batusangkar sebagai kota budaya dimasa mendatang,” kata Rektor Prof Ganefri, usai peletakan batu pertama monumen PTPG, Jumat (26/10).

Dalam sambutannya dikatakan, saat ini tim desain sudah turun ke lapangan untuk melakukan pengecekan dan proses yang perlu dilakukan dalam rangka pembangun monumen, termasuk berkoordinasi dengan pihak perizinan Pemkab Tanah Datar.

Sementara itu, Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi mengatakan dengan adanya monumen PTPG akan dapat memicu semangat untuk menjadikan Kabupaten Tanah Datar berhasil dalam pendidikan.

Sejauh ini, katanya, Batusangkar dulunya pernah berdiri Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG), dimana dalam perkembangannya menjadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP), yang sekarang sudah menjadi universitas UNP.

“Dari sisi pemerintah kabupaten, saya berharap pembangunan monumen dapat disegerakan  dan cepat selesainya dan kedepanya saya berharap UNP membuka kelas jauh di Tanah Datar,”ujarnya.

Peletakan batu pertama ini diawali dengan sambutan Ketua Kerapatan Adat Nagari Baringin, N Malin Marajo, sambutan guru besar sejarah UNP, Prof Mestika Zed, sambutan Wakil Ketua DPRD Tanah Datar, Irman dan sambutan Bupati Tanah Datar dan terakhir Rektor UNP, Prof Ganefri.

Usai serimonial peletakan batu pertama, Rektor UNP beserta rombongan diantaranya, para Wakil Rektor, ketua senat UNP, Prof Z Mawardi Efendi, Nizwardi Jalinus, Eri Berlian dan lainya dan Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi melakukan peletakan batu secara bergantian. ** Humas UNP/Agusmardi

602 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*