Kerjasama Dengan Pemko Payakumbuh, Tiffany Akan Bina Karyawan Menjadi Enterpreneur

Payakumbuh, Editor.-Penjabat Walikota Payakumbuh Rida Ananda didampingi beberapa orang jajaran kepala OPD melaunching program Mitra Usaha dan Sedekah 1000 Tiffany Houseware bersama Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh, Rabu (1/2/2023), di Mall Tiffany Houseware.

Kepala OPD yang hadir pada kesempatan tersebut yakni Kepala Dinas DPMDPTSP Meizon Satria, Kepala Dinas Koperasi UMKM M. Faizal, dan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Yunida Fatwa serta tamu undangan lainnya.

Pemilik Tiffany Houseware, Rahmat Hidayat dalam sambutannya mengatakan, program Mitra Usaha Tiffany Houseware, yaitu memberikan pembinaan kepada karyawan agar bisa menjadi sosok enterpreneur yang mandiri, supaya semakin banyak dan muncul sosok pengusaha baru yang handal, terutama pengusaha muda di Kota Payakumbuh.

“Kita melihat banyak masyarakat yang berminat terjun ke dunia usaha, kebanyakan dari mereka itu, mantan- mantan karyawan. Mungkin karena rezeki belum menguntungkan, usahanya bangkrut dan kembali menjadi karyawan,” sebut Rahmat Hidayat.

Melihat potensi dari para mantan karyawan yang muncul tersebut, Rahmat langsung meluncurkan inovasi atau program Mitra Usaha guna membantu dan memberikan pengalaman kepada masyarakat Kota Payakumbuh terkhusus karyawan Tiffany Houseware untuk menjadi seorang pengusaha.

“Kita berharap nanti mitra usaha bisa keluar dari zona karyawan untuk menjadi seorang pengusaha yang bisa mandiri, menghasilkan pendapat sendiri hingga membuka lapangan kerja untuk masyarakat lainnya,” ujarnya.

Terkait dengan mitra usaha tersebut, Rahmat menyampaikan bahwa mereka nantinya akan diajarkan bagaimana cara berbisnis secara profesional dan tertib administrasi.

“Tidak hanya untuk teknik dan terori saja, kita juga akan memberikan pengalaman terhadap mitra kita ini untuk ikut berkontribusi kepada Pemerintah Kota Payakumbuh dengan cara taat membayar pajak penghasilan dan pajak lainnya. Mitra juga sudah siap berbisnis secara formal dengan melengkapi segala surat perizinan usaha seperti izin usaha dari kelurahan, NIB, TDP, SIUP, SITU dan NPWP,” katanya.

Rahmat menyebut, dengan adanya program tersebut pihaknya akan lebih fokus dengan produk Houseware yang berada dibawah badan usaha dagangnya Tiffany Houseware.

“Rencana ini nantinya, kita akan memberikan kesempatan kepada karyawan Tiffany Houseware untuk menjadi pengusaha dengan membuat kesepakatan bersama, yakni karyawan ini harus keluar terlebih dahulu sebagai karyawan Tiffany Houseware. Artinya, mereka bukan karyawan kita lagi. Target diawal ini kita akan gembleng terlebih dahulu untuk sebanyak lima orang, namun untuk sekarang kita sudah siapkan dua orang dahulu,” sebutnya.

Selain program mitra usaha, Tiffany Houseware juga meluncurkan program Sedekah 1000 bagi setiap pelanggan yang telah memiliki member card diamond. Kegiatan tersebut efektif nantinya mulai berjalan sejak 1 Februari 2023 hingga malam takbiran hari Raya Idul Fitri.

“Jadi dalam program ini, setiap masyarakat yang member diamon yang berbelanja di Tiffany Houseware nanti untuk setiap transaksinya akan langsung disisihkan 1000 rupiah untuk kita sedekahkan. Nah, sedekah ini nantinya untuk diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan melalui pengelolaan dari pemerintah kota Payakumbuh,” pungkasnya.

Melihat atas niat dari Rahmat Hidayat selaku pemilik Tiffany Houseware, Pj. Walikota Payakumbuh Rida Anandasangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Tiffany Houseware yang telah ikut berkontribusi terhadap inovasi-inovasi yang di dapat memberikan dampak efek positif terhadap masyarakat di Payakumbuh.

“Terima kasih kepada Bapak Rahmad Hidayat terhadap program pembinaan ini. Kita Pemerintah Kota Payakumbuh sangat mendukung sekali inovasi seperti ini. Semoga kegiatan ini dapat menjadi contoh bagi pengusaha-pengusaha lainnya untuk bisa melakukan hal yang lebih inovatif lagi dari yang telah diberikan oleh Tiffany Houseware ini,” ucap Rida Ananda dengan sumringah.

Orang nomor satu di lingkup pemerintah kota Payakumbuh itu menyebut jika Pemko Payakumbuh akan memfasilitasi masyarakat yang ingin terjun ke dunia usaha dengan memberikan pelayanan perizinan yang tidak berbelit-belit, mudah, dan tepat waktu.

“Apa yang telah dilakukan oleh Tiffany Housewere ini merupakan salah satu langkah untuk dapat menjadikan masyarakat Payakumbuh menjadi sosok pengusaha yang handal. Dengan semakin banyak pengusaha yang ada, tentu akan semakin banyak pula investor yang masuk ke Kota Payakumbuh dan akan berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat,” ungkapnya.

Terkait dengan program sedekah 1000 rupiah, Pemko Payakumbuh sebelumnya telah menyusun rencana kerja guna untuk bisa melakukan pengentasan kemiskinan ekstrim, pencegahan Stunting anak dan mengendalikan inflasi.

“Jadi, untuk pak Dayat kami inginnya nanti kedepan beliau dapat menjadi orang tua asuh dalam mensukseskan tiga program yang sedang berjalan sehingga masyarakat kota Payakumbuh dapat terbebas dari ketiga program yang telah disusun tersebut,” tutur Rida.

Dengan telah berjalannya program yang telah diluncurkan Tiffany Houseware bersama Pemko Payakumbuh tersebut, Rida menghimbau jika masyarakat ataupun dari para pengusaha masih mendapatkan kendala yang dialami dalam proses usahanya, mari kita bersama-sama untuk saling mencari langkah guna memperbaiki hal tersebut untuk kemasyalahatan warga kota Payakumbuh,” tutup Rida.**Yus

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*