Kenagarian Kambang Utara Masih Miskin Infrastruktur

Salah satu jalan di Kambang Utara.
Salah satu jalan di Kambang Utara.

Kambang, Editor.- Masyarakat Kambang Kenagarian Kambang Utara Kecamatan Lengayang, Pesisir Selatan masih miskin infrastruktur sehingga pertumbuhan pendapatan petani sawit yang menjadi mata pencarian masyarakat tidak berdampak bagi kesejahteraan keluarganya.

“Sekiranya pembangunan jalan sepanjang 550 meter ini terselesaikan dapat dipastikan harga sawit petani ada peningkatan. Saat ini harga sawit petani hanya Rp300/kg,” jelas Syahril kepada media ini saat ditemui di lokasi, Ahad (22/8/2021).

Dikatakan Syahril, infrastruktur jalan merupakan lokomotif untuk menggerakan pembangunan ekonomi bukan hanya di perkotaan tetapi juga diwilayah pedesaan. Melalui Kelompok Tani Umega, masyarakat sekitar lokasi telah bergotong royong untuk membangun jalan yang panjangnya hanya 550 meter tersebut.

“Kalau pembangunan jalan tersebut teralisasi dari dana aspirasi DPRD Kabupaten Pessel, maka pembangunan jalan ini akan dapat menetralisir harga sawit petani,” terangnya.

Menurut Syahril, manfaat sosial dari jalan yang dibangun di Kambang Harapan itu diyakininya akan berdampak tumbuhnya lapangan kerja yang lebih luas, yang pada gilirannya dapat meningkatkan pendapatan petani sawit Kambang Harapan dan akan terjadi penghematan waktu dalam perjanalan serta perubahan perilaku masyarakat setempat, yang biasanya semangat menjadi petani sawit biasa-biasa saja, dengan adanya jalan tersebut tentu motivasi melakukan perawatan pohon sawitnya lebih baik. ** Agusmardi

104 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*