Kejutan, 75,4 % alumni 2021 Lolos ke PTU/I Negeri

Julpiadi.
Julpiadi.

Padang Panjang, Editor.- Sebanyak 135 orang (75,4  %) dari 179 orang tamatan MAN-1 Padang Panjang tahun 2021 sudah diterima di belasan perguruan tinggi umum/Islam negeri (PTU/I) di tanah air. Sementara di segi peminat masuk MAN-1 ini sekarang juga terjadi “ledakan”.

Keterangan Kepala Sekolah MAN-1 Padang Panjang, Julpiadi Hutabarat melalui Kepala Tata Usaha (KTU) madrasah itu, Masri kepada Editor, menyebut di antara PTU/I (Perguruan Tinggi Umum/Islam) Negeri tersebut 11 PT berada di Sumatera, sisanya di Pulau Jawa.

Di Sumatera antara lain, Unand Padang, UNP Padang, Unsyiyah-Aceh, Univ. Malikul Saleh-Aceh, UNRI Riau, UIN Riau, UIN Padang, Unsri Palembang, UIN Palembang, IAIN Batusangkar dan IAIN Bukittinggi. Sedang yang di Pulau Jawa, di antaranya IPB Bogor, UIN Jakarta dan UIN Jogjakarta.

Terjadinya “ledakan” pelamar pada penerimaan murid baru untuk tahun ajaran (TA) 2021/2022 itu, diduga terkait tingginya daya terobos alumni 2021 masuk ke PTU/I Negeri. Untuk diketahui, sesuai daya tampung lokal, tadinya sudah diterima peserta didik baru (PDB) sebanyak 6 lokal.

Lalu, karena banyak pelamar tidak tertampung di seleksi Tahap-1, dan banyaknya aspirasi dari berbagai daerah agar menambah murid, seleksi Tahap-2 pun dilakukan. Pada seleksi kedua ini tercatat pelamar 350 orang lebih. Tapi yang akan diterima hanya 1 lokal, karena hanya 1 lokal itu yang bisa diupayakan tambahan lokal.

Itulah perkembangan menarik dari MAN-1 Padang Panjang, yang lebih dikenal dengan sebutan MAN Gunung, Paangpanjang, karena kampusnya berasa di wilayah kesatuan adat Nagari Gunung, Kota Padang Panjang. MAN yang berdiri di pertengahan 1960-an itu  memiliki tiga jurusan, yakni Agama, IPA dan IPS.

MAN-1 Padang Panjang juga mengembangkan boarding school, madrasah yang ditunjang kegiatan asrama. Meski terbatas, karena kapasitas asrama yang juga terbatas. Terkait itu, Masri menyebut, MAN-1 ini akan mencoba menjajaki peluang program pembangunan Rusunawa untuk asrama siswa ke Kementerian PU-PR.

Pola boarding school itu juga dikembangkan pada 2 buah MAN Kota Padang Panjang yang lainnya. Kedua MAN lainnya itu, yakni MAN-2 di daerah tetangga di Kotobaru, X Koto, Kab. Tanahdatar. Dan MAN-3 di Kelurahan Kampungmanggih, Kecamatan Padang Panjang Barat.

Keberadaan 3 buah MAN itu bagian dari banyaknya sekolah umum, kejuruan dan agama di Padang Panjang. Banyaknya kampus pendidikan, termasuk perguruan tinggi itu, jadi latar belakang Padang Panjang juga disebut sebagai kota pelajar, di samping Kota Serambi Mekah sebagai julukan dan identitas kota.** Ym

231 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*