Kasus Positif Covid-19 di Tanah Datar Bertambah Lagi

Roza Mardiah.

Batusangkar, Editor.- Kasus Positif Covid-19 di Tanah Datar bertambah lagi. Sampai Kamis (7/5) sudah menjadi 8 orang setelah hasil test swab dari 13 orang yang dikarantina di Islamic Center Tanah Datar pada Minggu malam 3 Mei 2020, dirils Labor Unand Padang..

Hal ini disampaikan oleh Jubir Percepatan Penangan Covid-19 Roza Mardiah di Posko kepada awak media dan mengatakan, pasien positif tersebut berinisial LD (40 tahun) yang meerupakan keluaraga  dari orang tua laki-laki  NS (70 tahun ) yang positif Covid-19 dan telah dirawat di Rumah Sakit Semen Padang, berasal dari klaster Panyalaian.

LD saat ini sudah diproses dan sesegera mungkin akan dibawa ke Balai Diklat Padang Besi untuk penanganan selanjutnya dikarenakan hasil tyest swabnya positif terpapar.ujar Roza Mardiah

Selanjutnya Roza Mardiah mengatakan, dari hasil swab ini maka tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid -19 akan segera melakukan tracking terhadap yang pernah kontak erat dengan pasien saat dikarantina di Islamic Center

“Pada saat dikarantina di Islamic Center telah diberlakukan social distancing antar sesama mereka yang diawasi dengan ketat oleh petugas .namun yang akan kita traking adalah keluarga LD,tetangga dan  juga tempat-tempat lain yang pernah di kunjungi LD,” ungkap Roza Mardiah

Ditambahkannya .Untuk ini kita meminta keterangan pada LD .Adapun 13 orang yang di karantina di Islamic center Pagaruyung  ada 11 orang yang hasil test swabnya negative dan mereka ini telah dipulangkan kerumah masing-masing unruk dikarantina selama 14 hari terhitung hari ini dan diawasi oleh tim medis dari puskesma setempat .

“Sebelumnya orang tua laki-laki NS (70 thn) yang positif sudah dikirim ke RS Semen Padang, hari ini pasien LD (40 thn) masih keluarga NS pasien positif Panyalaian, kemarin telah dikarantina di Islamic Center Pagaruyung dan saat ini sudah proses sesegera mungkin dibawa ke Balai Diklat Padang Besi Padang untuk penanganan selanjutnya karena hasil swabnya juga positif terpapar” ujarnya.

Roza menambahkan dari hasil swab ini tim gugus tugas akan segera lakukan tracking terhadap kontak erat si pasien.

“Dalam karantina pasien diberlakukan social distancing antar sesama di bawah pengawasan ketat petugas, karena itu yang akan ditracking di sekitar keluarga, tetangga dan tempat lain yang nantinya akan kita minta keterangan dari bersangkutan. Sedangkan 12 pasien lain yang dinyatakan hasil swabnya negatif akan karantina mandiri di rumah masing-masing diawasi tim medis puskesmas setempat selama 14 hari terhitung hari ini,” ujarnya.

Sedangkan untuk  pasien positif dari Lima Kaum, saat kini masih dalam karantina di Balai Diklat Padang Besi. Pasien dari Lima Kaum ini dari hasil test swabnya masih dinyatakan positrif Covid -19, maka   harus melakukan isolasi di karantina. Untuk itu mari kita doakan semoga masyarakat kita yang sedang dikarantina tersebut bisa tabah menghadapi cobaan ini dan semoga bisa sembuh seperti pasien pertama yang positif Covid -19 di Kabupaten Tanah Datar .

Sampai hari ini pasien positif Covid -19 di Kabupaten Tanah Datar berjumlah 8 orang yang mana 2 orang dikarantina,5 orang dirawat di rumah sakit rujukan ,1 orang sembuh dan meninggal dunia nihil .Sementara untuk ODP sebanyak 18 orang,PDP sebanyak 6 orang dan nofikasi sebanyak 15.66 orang, ungkap Roza Mardiah. ** Jum

364 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*