Karena Tanpa Pondasi, Baru Setahun Penahan Tebing Desa Sungai Medang Sudah Amruk

Kerinci, Editor.- Proyek Penahan Tebing Desa Sungai Medang, Kab. Kerinci yang menggunakan Dana Desa Tahun 2017  saat ini sudah Hancur. Saat pantauan lapangan (8/12/2018) di desa Sungai Medang ditemukan proyek Dana Desa Penahan Tebing sudah ambruk, walau baru berumur 1 tahun.

Dengan kejadian tersebut tujuan pembangunan yang berkelanjutan di Desa Sungai Medang menggunakan Dana Desa jadi mubazir, akibat kwalitas proyek yang tidak sesuai standar spesifikasi teknis,  terkesan asal jadi, sehingga bisa mngakibatkan kerugian negara.

Untuk mendapat kejelasan Editor mencoba menghubungi Kepala Desa Sungai Medang Yurizal Salim lewat WhatsApp, mempertanyakan kenapa bisa terjadi ambruk padahal baru berumur 1 tahun dan dibangun pada tahun 2017.
Saat di hubungi Kepala Desa Yilizar Salim mengatakan, “Waktu terjadi banji air menghantam jambatan warga,” terangnya Lewat WhatsApp.

Diwaktu yang sama Editor mencoba meminta keterangan dari warga setempat yang berada di lokasi penahan tebing ambruk tersebut, sebut saja Nama “Mi” karena warga tersebut minta nanyanya dirahasiakan, menerangkan, saat pembangunan penahan tebing tersebut tidak ada galian pondasi,  langsung dinaikkan pasangan batu penahan tebing di atas tanah. Sehingga daya tahan tidak ada. Makanya saat terjadi terjangan air mengikis bagian bawah penahan tebing maka turunlah penahan tebing tersebut.

Ketika ditanya, apakah bapak tahu berapa dana pembangunan penahan tebing tersebut, warga tersebut menjawab, “tidak tahu berapa dananya karena tdak ada plang merek yang menjelaskan berapa anggaran dana untuk ini,” ungkapnya

Dalam hal ini maka jelas adanya indiasi kecurangan dalam pembangunan yang menggunakan Dana Desa, tidak adannya transparansi sebagai social kontrol  bagi masyarakat dalam pembangunan desa yang seharusnya melibatkan masyarakat..

Untuk itu Ahmad Sabri Ketua Umum LSM Anti Korupsi menegaskan bahwa masalah ini harus di usut tuntas dan diminta kepada Inpektorat secara serius memeriksa setiap penggunaan Dana Desa Supaya apa yg menjadi cita- cita pemerintah dapat tercapai. Dan supaya jangan terjadi penyelewengan Dana Desa. Tegasnya pada Editor.** Khumaini

1058 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*