Kapolres Sawahlunto Pimpin Apel Sat Kamling Dan Menyerahkan Piala Lomba Poskamling

Kapolres Sawahlunto Pimpin Apel Sat Kamling
Kapolres Sawahlunto Pimpin Apel Sat Kamling

Sawahlunto, Editor.- Kapolres Sawahlunto AKBP Purwanto Hari Subekti, S.Sos memimpin pelaksanaan Apel Ketua Satuan Keamanan Lingkungan (Kasat Kamling) sekaligus menyerahkan piala lomba Poskamling dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara ke-77, Rabu (21/06/2023).

Kegiatan ini berlangsung di Lapangan Apel Mako Polres Sawahlunto yang diikuti oleh Waka Polres Sawahlunto, Para PJU, Kapolsek Jajaran, Perwira, PNS, dan Bintara Polres Sawahlunto. Tampak Hadir Juga Tamu undangan Pimpinan Instansi, Lembaga Pemerintah Kota Sawahlunto yang membidangi Kepolisian khusus serta Awak Satkamling.

Apel Kasat Kamling tersebut dilaksanakan secara serentak di seluruh jajaran Kepolisian Indonesia.. Selaku Pimpinan Apel Kapolres Sawahlunto AKBP Purwanto Hari Subekti, S.Sos dalam membacakan Amanat dari Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si.

Dalam Amanatnya Kapolri mengatakan “Apel yang dilaksanakan pada hari ini merupakan salah satu upaya Polri untuk mempercepat upaya Revitalisasi Satkamling. Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan semangat dan optimalisasi peran Awak Satkamling dalam mengemban Fungsi Kepolisian Terbatas guna memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat secara Swarkasa”.

Lebih lanjut Amanatnya, tentunya berbagai dinamakan tantangan tersebut harus dihadapi bersama dengan mengedepankan kolaborasi dan partisipasi aktif masyarakat. Hal ini sejalan dengan Program Transformasi menuju Polri yang Presisi yaitu peningkatan peran aktif Pamswarkasa di lingkungan.

Salah satu bentuk Pengamanan Swarkasa yang berada dibawah pembinaan Polri adalah Satuan Keamanan Lingkungan atau Satkamling. Satkamling adalah Garda Terdepan disetiap Lingkungan RT/RW pada Kelurahan/Desa.

“Kehadirannya diharapkan mampu menjadi Early Warning terhadap potensi kejahatan dan dapat melakukan tindakan pencegahan secara cepat sebagai bagian dari pemolisian yang prediktif. Sehingga masyarakat memiliki peran mandiri yang signifikan dalam menjaga lingkungan serta menyelesaikan permasalah demi kenyamanan bersama,” ujarnya

Solidaritas warga adalah kunci utama kesuksesan penyelenggaraan Satkamling. Selain itu juga harus bersinergi dengan TNI-Polri dan pemangku kepentingan lainnya. Kehadiran Satkamling harus bisa menjadi cooling system, jangan ada perpecahan karena perbedaan pilihan terlebih kita akan menghadapi agenda Nasional yaitu Pemilu dan Pemilihan Serentak tahun 2024.

Selanjutnya sebagai upaya akselerasi, Polri telah mengadakan Lomba Satkamling mulai dari tingkat Polres, Polda hingga Nasional. Saya ucapkan selamat kepada bagi para pemenang yang akan diumumkan setelah pelaksanaan apel ini.

Sebelum mengakhiri Amanatnya, Kapolri berpesan kepada rekan-rekan Awak Satkamling agar senantiasa berpegang teguh pada nilai, norma, dan etika pada setiap pelaksanaan tugas. Tanamkan bahwa Fungsi Kepolisian terbatas Non Yustisial yang diberikan merupakan sebuah kehormatan yang harus selalu dijaga, karena kehadiran Satkamling merupakan representasi kehadiran Polri ditengah masyarakat.

Setelah selesai Pelaksanaan Apel, selanjutnya Kapolres Sawahlunto menyerahkan Piala Lomba Poskamling Tingkat Kota Sawahlunto Dalam Rangka HUT Bhayangkara ke-77 Tahun 2023.

Dari Empat peserta Poskamling yang dilombakan yaitu Poskamling Desa Silungkang Oso (Polsek Muaro Kalaban), Poskamling Kelurahan Pasar (Polsek Sawahlunto), Poskamling Balai Batu Sandaran (Polsek Barangin), dan Poskamling Desa Sikalang (Polsek Talawi), untuk Juara I diraih oleh Poskamling Kelurahan Pasar dan Juara II Poskamling Desa Silungkang Oso. **Leo/HmsResSwl

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*