Kapolres Sawahlunto Gelar Jum’at Curhat dan Silaturahmi Bersama Tokoh Adat Guna Menyerap Aspirasi di Aula KAN Desa Sijantang

Kapolres Sawahlunto Gelar Jum'at Curhat dan Silaturahmi Bersama Tokoh Adat Guna Menyerap Aspirasi di Aula KAN Desa Sijantang
Kapolres Sawahlunto Gelar Jum'at Curhat dan Silaturahmi Bersama Tokoh Adat Guna Menyerap Aspirasi di Aula KAN Desa Sijantang

Sawahlunto, Editor.- Kapolres Sawahlunto AKBP Purwanto Hari Subekti, S.Sos didampingi oleh Kasat Binmas AKP Dany Salman, S.H., M.H., Kasat Intelkam IPTU Ricky Hardianto, dan Kapolsek Talawi IPTU Saiful Anwar, S.H menggelar kegiatan Jumat Curhat dan Silahturahmi bersama Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat, Jum’at (03/02).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Pertemuan Kantor KAN (Kerapatan Adat Nagari) Desa Sijantang Kecamatan Talawi Kota Sawahlunto. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua KAN Sijantang Adi Muaris Katik Kayo beserta Jajaran, Ninik Mamak sekaligus Wakil Ketua DPRD Sawahlunto H. Jaswandi, S.E.

Tampak hadir juga Camat Talawi Zamril Firdaus, Danramil 05 Talawi, Kepala Desa (Kades) Sijantang, Kades Datar Mansiang, Kades Sikalang, Kades Salak, Kades Rantih, Ketua LPM Desa Salak, Ketua BPD Desa Salak, Ninik Mamak, Cadiak Pandai, Bundo Kanduang Kenagarian Sijantang serta tamu undangan lainnya.

Adi Muaris Katik Kayo selaku tuan rumah dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang Kepada Bapak Kapolres Sawahlunto beserta rombongan di Kantor KAN Sijantang,”

Terimakasih atas kunjungan Silaturahmi dan koordinasi hari ini, untuk diketahui undangan yang hadir melibatkan Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemerintahan, dan Ninik Mamak, Cadiak Pandai, Bundo Kanduang Kenagarian Sijantang serta tamu undangan lainnya,” ungkapnya.

“Sampai dengan saat ini jalinan silahturahmi yang baik tetap dipertahankan antara masyarakat bersama Polres Sawahlunto,” katanya.

Dirinya juga meminta kepada Polres Sawahlunto agar tetap lakukan koordinasi dan komunikasi agar permasalahan dapat terdekteksi dan teratasi.

Saya menghimbau kepada para peserta untuk mendukung program Jum’at Curhat yang dilaksanakan agar Kota Sawahlunto tetap aman dan kondusif,” pungkasnya.

Sementara Kapolres Sawahlunto dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Ketua KAN Sijantang Adi Muaris Katik Kayo selaku tuan rumah yang telah memfasilitasi program kegiatan Jum’at Curhat Polres Sawahlunto.

Dalam kesempatan tersebut juga, AKBP Purwanto memperkenalkan diri selaku pimpinan di Kepolisian Resor Sawahlunto.

Kapolres Sawahlunto juga mengatakan bahwa Silahturahmi ini dilaksanakan dalam rangka perkenalan dan bersilaturahmi serta menyerap informasi dari masyarakat khususnya di Desa Sijantang.

“Saya mengajak untuk bekerjasama, bersinergi, berkolaborasi dengan masyarakat dalam menjaga situasi Kamtibmas di Kota Sawahlunto, tanpa dukungan dan kerjasama dari seluruh masyarakat tentunya tidak akan mudah mewujudkannya” ucapnya.

“Dalam program kegiatan Jum’at Curhat ini, kami Polres Sawahlunto siap menampung informasi, keluhan serta kritikan yang diberikan oleh masyarakat,” pungkasnya.

Sebelum menampung informasi, Kapolres Sawahlunto menyampaikan informasi berkaitan dengan Musri (Musyawarah Nagari) dan Sosialisasi tentang Pelaksanaan Operasi Antik (Anti Narkoba) di Wilayah Hukum Polres Sawahlunto.

Dalam kesempatan tersebut, ketua KAN mengharapkan Pihak Polres Sawahlunto dapat memberikan bekal Pendidikan dan Pengetahuan Hukum kepada Anggota Musri

“Selaku Tokoh Adat, saya mendukung tugas Polres Sawahlunto dalam menjaga Harkamtibmas di Kota Sawahlunto,” ungkapnya.

Kades Rantih M.E. Yusuf juga menyampaikan informasi bahwa untuk menyelamatkan generasi muda khususnya di Desa Rantih dari bahaya penyalahgunaan Narkoba agar pihak Kepolisian memberikan Penyuluhan Bahaya Narkoba karena wilayah kami rentan peredaran barang haram tersebut.

Salah seorang Tokoh Pemuda juga mengatakan bahwa belakangan ini  aktivitas muda-mudi yang menggunakan Ranmor secara ugal-ugalan yang dapat membahayakan pengguna jalan lainnya serta menyampaikan informasi adanya aksi balap liar oleh sekelompok remaja di kawasan Kandih pada jam 22.00 Wib keatas.

Sementara tanggapan AKBP Purwanto selaku Kapolres Sawahlunto atas informasi yang diberikan peserta menyampaikan ucapan terimakasih kepada masyarakat yang masih mengapresiasi kinerja Polres Sawahlunto.

“Untuk Kegiatan Pemberian Sosialisasi Bekal hukum kepada Anggota Musri tersebut, tentunya kami sangat bersedia dengan senang hati namun terlebih dahulu akan dikoordinasikan dengan pihak-pihak terkait dan dirapatkan kembali sehingga bisa terjadwal pelaksanaannya,” ucap Kapolres.

Sementara untuk kegiatan Penyuluhan atau Sosialisasi Penyalahgunaan Bahaya Narkoba nanti akan dilaksanakan oleh Satuan Reserse Narkoba (Sat Resnarkoba) dan Satuan Pembinaan Masyarakat (Sat Binmas) berkoordinasi dengan pihak Desa Rantih untuk jadwal kegiatannya,” sambungnya.

“Sesuai UULAJ tahun 2009 Anak Dibawah Umur tidak diperbolehkan untuk mengendarai sepeda motor, untuk antisipasi aktivitas muda-mudi dijalanan, Polres Sawahlunto akan meningkatkan himbauan dan sosialisasi kepada para pelajar melalui program Police To Shool dan Bhabinkamtibmas,” ucap AKBP Purwanto.

Kapolres Sawahlunto juga menyampaikan akan menempatkan anggota pada titik-titik rawan yang dijadikan ajang bagi para pemuda untuk melakukan aksi balap liar dan akan meningkatkan kegiatan Patroli pada pukul 22.00 wib keatas.

“Terimakasih kepada seluruh para peserta yang telah memberikan saran dan informasi untuk membangun situasi Kamtibmas diwilayah Hukum Polres Sawahlunto yang aman dan kondusif,” tutupnya.**Leo/HmsResSwl 

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*