Jembatan Sungai Kalu Ambruk, Jalur Padang-Bukittinggi Putus Total

Padang Pariaman, Editor.- Ruas Jalan Nasional Padang – Bukittinggi di kawasan Lembah Anai tak bisa dilewati baik oleh kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Pasalnya, jembatan Sungai Kalu atau jembatan Kelok Pinyaram yang berlokasi di korong Pasa Usang Kayutanam putus total akibat terjangan air bah.

Adnan (54) salah satu warga setempat mengatakan, tingginya curah hujan sejak sore, Senin 10/12/208 mengakibatkan ambruknya jembatan tersebut.  “ Mungkin karena pergeseran tanah yang labil sehingga mengakibatkan jembatan ini ambruk. Jembatan ini termasuk jembatan lama yang menghubungkan ruas jalan Padang – Bukittinggi,” kata dia..

Ia berharap, pihak BPJN III Sumbar – Bengkulu segera mencari solusi agar perekonomian Sumbar tidak lumpuh. Karena, jalan ini merupakan jalan utama yang menghubungkan Sumbar – Riau.

Kepala Satker PJN Wilayah I Sumbar, Feri Sutirmarjaya yang dikonfirmasi wartawan mengatakan, Jembatan tersebut dibangun pada tahun 1994 dengan panjang bentang 20 meter terletak di KM 54,1 dari Padang, Tahun 2018 Satker PJN I Prov Sumbar melakukan pekerjaan penanganan berkala terhadap jembatan tersebut.

“Untuk penanganan darurat kita akan melaksanakan pembangunan jembatan darurat berupa jembatan panel dengan panjang 25 meter sambil menunggu proses untuk design jembatan permanen, sehingga bisa diusulkan untuk penganggaraan pada tahun 2019 ataupun menggunakan dana tanggap darurat kemen PUPR, ” kata dia.

Saat ini kata Feri, tim dari TRC (tim reaksi cepat) dari Ditjend bina marga pusat sudah turun ke lokasi untuk melakukan evaluasi terhadap rencana – rencana penanganan yang akan dilakukan. ** Suger

692 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*