Jamnas X 2016 Diresmikan, Pramuka Harus Jadi Panutan

Kota Pariaman Humas — Presiden RI Joko Widodo membuka secara resmi gelaran Jambore Nasional X tahun  2016 di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, Minggu (14/8). Jambore Nasional (Jamnas) X tahun 2016 ini diselenggarakan bersamaan memperingati HUT Pramuka yang ke 55.

Dalam sambutannya Jokowi selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional menyampaikan dihadapan 25.000 Penggalang dari 34 Provinsi, 2.500 Pendamping dan 2.500 Panitia serta 225 Peserta dari luar negri , mengingatka  agar anggota Pramuka harus dapat menjadi panutan bagi rekan-rekanya dan menjadi teladan bagi lingkunganya.

“Jaga selalu kekompakan dalam ajang pertemuan pramuka penggalang seluruh Indonesia ini, dan jadikan perbedaan sebagai pemersatu bangsa dalam wadah NKRI, dan mari tunjukan denganpenuh keyakinan bahwa gerakan pramuka adalah gerakan kepanduan terbaik di dunia”, ujarnya.

Sementara itu menurut Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Adhyaksa Daut, Jambore Nasional merupakan perekat generasi muda Indonesia.

“Mereka datang dari seluruh nusantara demi menjalin persahabatan, persaudaraan dan bertukar pengalaman dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika, dan dimasa datang, merekalah yang akan memegang tampuk kepemimpinan bangsa ini”, ungkapnya.

Jambore Nasional X merupakan event 5 tahunan anggota pramuka penggalang se Indonesia sebagai wahana untuk merajut persaudaraan dan persahabatan. Tema Jamnas x 2016 ini adalah “bangun karakter kaum muda melalui kegiatan yang  Keren, Gembira dan Asyik”, tutupnya.

Wawako Genius Umar bersama kontingen Jamnas X 2016 Kota Pariaman.
Wawako Genius Umar bersama kontingen Jamnas X 2016 Kota Pariaman.

Dalam keterangan Wakil Walikota Pariaman Genius Umar yang juga selaku Kakwarcab Gerakan Pramuka Kota Pariaman mengatakan di tengah era digital sekarang ini rebranding Gerakan Pramuka mutlak harus dilakukan sehingga relevan dengan generasi saat ini dan menjadi suatu kebanggaan bagi generasi muda, ucapnya.

“Kepada Kontingen Kota Pariaman yang ikut dalam Jamnas X 2016 ini, agar benar-benar dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh pihak panitia Kwarnas, sehingga mendapat pengalaman yang berharga untuk dibagi kepada rekan-rekannya di kota Pariaman”, tukasnya.

Lebih lanjut Genius Umar mengungkapkan dari ajang Jamnas ini akan dapat banyak yang bisa dilakukan atau membuat kerjasama dengan kontingen lain dari seluruh Indonesia, sehingga dapat sekaligus menjadi promosi bagi Kota Pariaman untuk lebih dikenal di kalangan nasional, tuturnya.

Dalam kesempatan ini, Genius Umar juga bertemu dengan Kepala dinas Kebersihan DKI Jakarta Isnawa Adji yang juga sesama tamatan STPDN denganya, dan kedepan Kota Pariaman akan membuat kerjasama dengan Dinas Kebersihan DKI Jakarta tentang pola pengolahan sampah yang ada di ibukota, jelasnya.

Rombongan Kontingen Pramuka Kota Pariaman yang ikut dalam Jamnas X 2016, sebanyak 32 orang terbagi dalm 2 regu putra dan 2 regu putrid, dengan pimpinan Kontingen dan Pendamping serta Panitia dari Kwarcab, sebanyak 12 orang.

Dalam acara pembukaan ini juga diberikan penghargaan kepada 38 tokoh yang berkontribusi terhadap pengembangan dan kemajuan gerakan pramuka. Acara ini juga dimeriahkan dengan pemecahan rekor MURI dalam bentuk penerbangan 1000 Chuk Gilder (model pesawat ringan dengan cara dilemparkan) oleh peserta Jamnas.

Hadir dalam acara pembukaan ini Menko PMK Puan Maharani, Mempora Imam Nahrawi, Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara, Menteri Pendidikan Muhadjir Effendy, Para Kepala Daerah, dan Pimpinan Kepanduan dari Negara-negara ASEAN. (J)

1143 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share

Komentar

Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*