Irwan Saputra Rakit Bentor Jadi  Mobil Jip Mini

Mobil Jip Mini yang dirakit Irwan Saputra.
Mobil Jip Mini yang dirakit Irwan Saputra.

Mentawai, Editor.- Salah satu usaha bengkel pemuda kreatif di Desa Nemnem Leleu Kecamatan Sipora Selatan Mentawai ciptakan inovasi sebagai solusi untuk menjawab permasalahan di wilayah kecamatan Sipora Selatan.

Irwan Saputra (30) warga Sagitsi  pemilik bengkel setempat merakit bentor menjadi mobil jip mini sebagai alat angkutan barang dari desa ke desa lain di wilayah tersebut. Dimana wilayah itu masih terbatasnya akses jalan yang masih rusak dan berlobang dan tak layak dilalui  bagi kendaraan roda empat dan roda dua. Dalam artian, masih jauh tertinggal dan perlu dibangun yang kokoh dan kuat.

Ia mengatakan, pembuatan mobil Jip Mini dirakit dari Bentor Viar 200 cc itu sudah lama sudah direncanakan, tepatnya satu tahun lalu. Dan selesai dalam kurun waktu dua bulan.

“Kita rakit perlahan-perlahan,  mulai dari sketsa gambar dan perakitan body hingga seperti sekarang, Sebenarnya kalau kita fokuskan tentu lebih cepat selesai,” ungkapnya saat ditemui awak media di kediamannya, Kamis, (19/08/2021).

Irwan menghabiskan biaya Rp4 juta untuk merakit Bentor Viar 200 cc jadi mobil jip tersebut dengan biayanya sendiri.

“Untuk merakit mobil Jip Mini ini kita membuat kerangka baru, artinya kerangka lama dari bentor itu sendiri tidak dipakai lagi,” tambah Irwan.

Disebutkan, Jip Mini itu menggunakan roda jenis mobil Jet 1000 atau mobil keri menyerupai bentuknya fasilitas tersebut akan digunakan sebagai alat menjalankan aktivitas.

Saat ini mobil jip mini tersebut difungsikan untuk berbagai angkutan diantaranya penjemputan motor rusak dan sangat membantu.

“Muatan mobil jip mini ini dapat mengangkut beban seberat setengah ton, ditambah dua bangku untuk sopir dan penumpang,” terangnya.

Irwan mengatakan, bagi masyarakat yang ingin membuat bentor seperti mobil Jip Mini tersebut, dia bersedia meluangkan waktu di bengkel miliknya untuk membuatnya, tergantung kesiapan kebutuhan.** Jumelsen

98 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*