Irwan Prayitno, Sumbar Butuh Investasi, Bantuan dan Dukungan Perantau

Jakarta, Editor.- Kemajuan Sumatera Barat membutuhkan investasi, bantuan dan dukungan perantau. Misalnya dalam memaksimalkan potensi wisata yang begitu besar, dimana Sumbar masih belum dapat memuaskan pelayanan kunjungan wisatawan secara maksimal.

Di beberapa titik lokasi wisata daerah masih terkendala soal MCK, penginapan, hotel dan  infrastuktur jalan yang kurang baik. Untuk itu pemprov akan berkoordinasi serta menyurati bupati/walikota agar menyikapi kondisi ini, sehingga secara bertahan perbaikan itu akan terjadi nantinya.

Hal ini disampaikan gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno pada saat memberikan sambutan acara Sosialisasi Program Pembangunan Sumatera Barat, sekaligus acara Halal bi Halal, Pemprov. Sumbar dengan tokoh dan masyarakat minang  Jabodetabek, di Balairung Jakarta, Rabu ( 12/7).

Hadir dalam kesempatan itu, Ketua DPD RI sekaligus ketua Gebu Minang Dr. Oesman Sapta Odang, anggota DPR RI Ir. Tifatul Sembiring, Ketua PWI Pusat Margiono, Ketua DPRD Sumbar yang diwakili Ir. Mhd. Nurnas, Ketua Umum IKM se Indonesia, Sekdaprov. Dr. Ali Asmar, MPd, tokoh- tokoh minang  Jakarta,  Asisten, Staf Ahli Gubernur serta beberapa kepala SKPD dilingkungan Pemprov. Sumbar.

Gubernur Irwan Prayitno juga menyampaikan, pembangunan Sumatera Barat sesuai dengan RPJMD 2016-2021 memiliki visi “ Terwujudnya Sumatera Barat yang Madani dan Sejahtera”. Ada 5 misi serta 10 program prioritas yang tindak lanjuti oleh SKPD dilingkungan pemprov Sumatera Barat dalam bentuk program dan kegiatan.

Kita memang agak terkejut dengan kondisi macet yang begitu lama di beberapa tempat saat lebaran kemaren. Ini disebabkan begitu meningkatnya jumlah kenderaan dan kedatang orang ke Sumatera Barat.

“Macet dimana-mana tidak akan terjadi, jika kita berjalan kaki membatasi perjalanan kenderaan.  Akan tetapi ini tentunya juga tidak  baik dan akan banyak menuai protes dunsanak perantau, itu Sumatera Barat hari ini, kunjungan meningkat dan kemajuan ekonomipun meningkat.

Kita bersyukur kemajuan perkembangan yang terjadi, perantau banyak yang pulang kampuang, kami amat berterima kasih atas perhatian terhadap kemajuan nagari-nagari satu persatu berkat dukungan perantau, “ ujarnya.

Sementara Ketua DPD RI Oeman Sapta Odang dalam kesempatan itu menekankan, Sumatera Barat mesti terbuka dalam melihat kemajuan perkembangan zaman, tidak perlu takut lalu kaku dan tertutup. Jika Sumatera Barat tertutup niscaya akan tertinggal dengan kemajuan daerah-daerah lain di Indonesia.

Saat ini pusat perkembangan Indonesia mengarah di Sumatera Barat, dan masa datang di Kalimatan serta Indonesia bagian timur. Makanya Sumatera Barat mesti memanfaatkan kondisi ini secara arif dan bijaksana, budaya sebagai karakter masyarakat boleh bertahan, akan tetapi terbuka dengan kebutuhan dan tuntutan kemajuan.

Kita mengetahui, 3 dari 4 tokoh pendiri bangsa Indonesia itu berasal dari Sumatera Barat. Orang minang itu ada dimana-mana, hidup dinamis diantara banyaknya budaya dan tradisi dimana ia tinggal.

“Terlalu terbuka memang tidak baik bagi Sumatera Barat, akan tetapi tertutup juga sangat tidak baik jika menghambat kesejahteraan hidup masyarakat,” tegasnya.

Ketua PWI Pusat Margiono dalam penyampaian materinya, pelaksanaan peringatan Hari Pers Nasional di Sumatera Barat merupakan tekad masyarakat pers Indonesia bagaimana ikut serta memajukan pembangunan daerah dimana kegiata di langsungkan.  Peringatan HPN tidak saja sebagai kegiatan serimonial semata akan tetapi sesungguhnya ingin mendorong kemajuan pembangunan daerah secara maksimal, sehingga peringatan HPN sebagai momen masyarakat pers Indonesia ikut serta percepatan memajukan pembangunan nasional. Ini juga terjadi disetiap daerah yang menyelenggarakan HPN dari tahun ke tahun.

Peringatan HPN 2018 di Sumatera Barat menetapkan tema Kepariwisataan Sumatera Barat, ini sangat cocok dalam isu nasional  meningkatkan jumlah kunjungan wisata ke Indonesia sebagai bahagian upaya mensejahterakan hidup masyarakat, katanya. ** Zardi/Hms

701 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*