IDI Gelar Pengabdian Masyarakat di Daerah Terpencil Garabak Data

Garabak Data, Editor.- Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia mencanangkan Hari Bakti Dokter Indonesia setiap tanggal 20 Mei, sesuai dengan semangat kebangkitan yang dipelopori oleh mahasiswa-mahasiswa kedokteran STOVIA dalam organisasinya Boedi Oetomo.

Perjuangan Para pendiri Boedi Oetomo, yaitu: Soetomo, Suraji Tirtonegoro, Gunawan Mangunkusumo, Muh Saleh dan kawan-kawan untuk meningkatkan diri menuju tingkat intelektual, sosial, ekonomi, politik, budaya, gender, kesehatan yang layak bagi masyarakat Indonesia tidak akan berhenti di situ saja.

Pelaksanaan Hari Bakti Dokter Indonesia Ikatan Dokter Indonesia Wilayah Sumatera Barat dan seluruh cabang se-Sumatera Barat adalah bagian dari perjuangan itu.

Pada peringatan Hari Bakti Dokter Indonesia ke-110, IDI cabang Kabupaten Solok melaksanakan beberapa kegiatan. Diantaranya pengabdian Masyarakat, berupa pelayanan kesehatan di daerah terpencil, dengan pemberian pengobatan dan penyuluhan kesehatan yang dilaksanakan di Jorong Garabak, Nagari Garabak Data, Kecamatan Tigo lurah, Kabupaten Solok.

Kegiatan tersebut telah teralisasi pada Sabtu, 28 April 2018 lalu.  Pengabdian  dokter yang tergabung dalam tim IDI Pusat, IDI Wilayah, IDI Cabang Kabupaten Solok bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten, melalui perjalanan 12-16 jam dari Arosuka.

Hal itu telah memberi manfaat bagi masyakat Jorong Garabak dan Jorong Data. Tercatat total 942 orang masyarakat Garabak Data yang menerima pelayanan kesehatan, yang terdiri dari 542 orang yang menerima pelayanan pengobaan dan 400 orang yang diberikan penyuluhan.

Tim Dokter terdiri dari 10 dokter spesialis, 16 dokter umum, total 26 orang dokter, bersama seluruh pemegang program kesehatan dari Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten Solok. ** Febrian D’Gumanti/Olga/Hms

760 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*