Gubernur Sumbar Sampaikan Nota Pengantar Rancangan KUPA PPAS Perubahan APBD Tahun 2019

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyerahkan nota pengantar KUPA PPAS APBD Tahun 2019 kepada Wakil Ketua DPRD Sumbar Ir Arkadius Dt Intan Bano.
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyerahkan nota pengantar KUPA PPAS APBD Tahun 2019 kepada Wakil Ketua DPRD Sumbar Ir Arkadius Dt Intan Bano.

Padang, Editor.- Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyampaikan Nota pengantar rancangan KUPA PPAS  Perubahan APBD Tahun 2019 dalam rapat paripurna DPRD Sumbar, Senin minggu lalu (22/7).

Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat Ir Arkadius DT Intan Bano dalam pidatonya menyampaikan, dengan adanya percepatan pembahasan dan penetapan perubahan APBD tahun 2019, maka optimalisasi program dan kegiatan yang akan ditampung dalam perubahan APBD tahun 2019, akan dapat ditingkatkan  dari tahun tahun sebelumnya. Demikian juga dengan sisa anggaran tahun 2018 yang jumlahnya cukup besar dapat dimamfafatkan penggunaannya pada perubahan APBD tahun 2019 ini.

Menurut Arkadius, alokasi anggaran untuk kegiatan bantuan keuangan kepada Kabupaten/Kota yang tidak terealisasi pada tahun 2018, sesuai dengan kesepakatan DPRD dengan pemerintah daerah, dialokasikan kembali pada perubahan APBD tahun 2019. Baik untuk kegiatan yang telah dilaksanakan kan tetapi belum dibayarkan, maupun untuk kegiatan yang sama sekali belum dilaksanakan.

Alokasi anggaran untuk kegiatan bantuan keuangan kepada Kabupaten/Kota yang anggrannya belum tertampung dalam APBD tahun 2018. Revisi terhadap Peraturan Gubernur Sumatera Barat Nonmor 19 Tahun 2017 tentang cara pengalokasian Anggaran Bantuan Keuangan Khusus kepada Kabupaten/Kota, jangan sampai menghambat dan mempersulit pengalokasian anggarannya yang akan ditampung dalam perubahan APBD tahun 2019. Oleh sebab itu Revisi Peraturan Gubernur tersebut perlu segera dituntaskan oleh pemerintah daerah. Pememrintah daerah perlu mengevaluasi terhadap capaian target kinerja program pembangunan daerah dan melakukan penyesuaian alokasi anggarannya pada Perubahan APBD tahun 2019..

Sebelum pembahasan Rancangan KUPA PPAS Perubahan APBD Tahun 2019 dilakukan oleh DPRD bersama pemerintah daerah, diminta kepada pemerintah daerah untuk menyampaikan Realisasi Anggaran Semester Pertama tahun 2018 dan prognosis Anggaran 6 Bulan berikutgnya pada DPRD. Laporan realisasi  anggaran ini sangat diperlukan untuk, melihat kearah mana rencana penggunaan anggaran pada perubahan APBD tahun  2019, ujar Arkadius.

Acara rapat paripurna ini dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Sumbar Ir Arkadius Dt Intan Bano yang dihadiri oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, pimpinan OPD di jajaran Pemprov Sumbar, angggota Forkopimda dan undangan lainnya. ** Herman

598 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*