Gubernur Mahyeldi Sampaikan Keistimewaan Orang Bertaqwa

Gubernur Mahyeldi menyerahkan bantuan.
Gubernur Mahyeldi menyerahkan bantuan.

Dharmasraya, Editor.- Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menggelar Safari Ramadhan di Kabupaten Dharmasraya, Kamis 6 Mei 2021di Masjid Al-Barakah, Pulau Punjung. Acara dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-qur’an oleh qori’ah terbaik dari Dharmasraya, yaitu Yunia Safitri tingkat ke dua Nasional pada cabang lomba Tilawah Remaja pada MTQ ke 28 tingkat Nasional.

Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah saat mendengarkan lantunan ayat suci Al-Qur’an menyentuh kalbu, jemaah Masjid Al-Barakah terdiam dan sembari mengucapkan Allahuakbar.

“Alhamdulillah, betul-betul sejuk hati ini mendengarkan ayat yang dibaca Nia tadi. Semoga Allah memberikan kebaikan buat Nia dan kita semua, Aamiin YRA,” ucap Mahyeldi.

Selanjutnya dalam sambutan yang sekaligus ceramah bulan Ramadan Gubernur Sumbar yang akrab dipanggil “Buya” ini menyampaikan keutamaan berpuasa bulan Ramadan.

Berpuasa merupakan salah satu dari lima Rukun Islam. Puasa menurut syariat artinya menahan diri dari makan & minum serta segala perbuatan yang bisa membatalkan puasa, mulai dari terbit fajar hingga terbenam, dan dengan syarat tertentu untuk meningkatkan ketaqwaan seorang muslim.

“Barang siapa yang berpuasa pada bulan Ramadan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosanya pada masa lalu akan diampuni,” sebut Buya Mahyeldi.

Salah satu surat yang menguatkan jika hukum berpuasa Ramadhan merupakan fardhu adalah Surat Al-Baqarah ayat 183-185.

Surat Al Baqarah ayat 183 tentang Puasa Ramadan

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa.

Dari ayat Al-Quran surat Al-Baqarah ayat ke 183 di atas, jelas bahwa mengajak hamba Allah yang beriman agar melakukan ibadah puasa secara wajib. Supaya menjadi orang-orang yang senantiasa bertaqwa pada Allah SWT.

“Hanya orang-orang yang beriman yang berpuasa maka Allah akan mengantarkan mereka menjadi orang-orang yang bertaqwa, maka orang yang paling mulia disisi Allah adalah orang-orang yang bertaqwa jadi orang yang bertaqwa,” kata gubernur Sumbar.

Taqwa adalah derajat tertinggi bagi seorang Muslim di hadapan Allah SWT. Ibadah dan amal saleh yang dilakukan tujuan utamanya adalah untuk memperoleh derajat tersebut. Taqwa de­ngan bahasa yang sederhana ada­lah seseorang yang senantiasa mam­pu dan konsisten untuk selalu menjalankan semua perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya.

“Orang yang bertaqwa itu adalah orang-orang yang paling mulia paling istimewa di sisi Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Allah akan menolong orang-orang yang beriman dan bertaqwa kepadaNya,” tuturnya.

Gubernur Mahyeldi menjelaskan, dalam Al-Qur­’an setidaknya ada 7 (tujuh) keistimewaan yang dapat diraih. Lima kebaikan di dunia dan dua di akhirat yang pertama Allah akan berikan jalan keluar setiap permasalahan dalam kesusahan. Tidak hanya itu, janji kedua adalah Allah juga akan memberikan rezeki yang tak terduga kepadanya.

Orang bertakwa itu dijamin mendapatkan jalan keluar atas setiap masalahnya. Ia tidak butuh lagi konsultan, cukup Allah yang menjadi memberikan jalan keluar setiap masalahnya. Begitupun dengan rezekinya, ia akan datang tiba-tiba atas izin-Nya.

Ketiga, janji Allah untuk orang yang bertaqwa adalah Allah akan mencukupi segala kebutuhannya. Janji Allah yang keempat adalah Allah kabulkan cita-citanya, keinginanya, harapannya. Janji Allah yang kelima, Allah akan mudahkan segala urusannya.

“Selain itu, ada untuk di akhirat nanti Allah akan tutupi segala dosa-dosa hambanya yang bertaqwa dan memberikan surga bagi orang yang bertaqwa,” ujar Buya.

Janji Allah itu pasti, untuk mereka yang terus bertakwa kepada-Nya. Inilah salah satu keutamaan ajaran Islam yang tidak membeda-bedakan manusia atas dasar ras, suku, golongan, strata sosial, ekonomi, dan sebagainya. Dalam Islam, setiap orang semua manusia sama rata di hadapan Allah SWT, kecuali orang yang bertaqwa akan diberikan keistimewaan.

“Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Maha Teliti”. (Qs. Al-Hujurat: 13)

“Jadi begitu istimewanya, begitu mulianya orang-orang yang bertaqwa, bahkan Allah menjanjikan akan memberikan kemudahan di dunia dan di akhirat,” ucapnya.

Kegiatan safari ramadan tersebut dihadiri oleh Kepala Biro Bina Mental dan Kesra Sumbar H. Syaifullah, dan selanjutnyaGubernur Sumbar Mahyeldi menyerahkan bantuan sebesar Rp 20 juta untuk pembangunan Masjid Al-Barakah, Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya.** Herman/Hms

 

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*