Gelar Rakor di Alahan Panjang, Dukcapil Sumbar Menuju Go Digital

Rakor Dukcapil di Alahan Panjang.
Rakor Dukcapil di Alahan Panjang.

Alahan Panjang, Editor.- Bertempat di Convention Hall Alahan Panjang Resort, Forum Dukcapil Sumbar melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) yang diikuti oleh seluruh pimpinan Disdukcapil Kabupaten/Kota di Sumbar, Jum’at (13/12).

Hadir pada kegiatan tersebut  Bupati Solok diwakili Kepala Disdukcapil Kab. Solok Radiatul Hayat, SH. MH, Kepala DPPKBKPS Prov. Sumatera Barat Irwan, S.Sos, MM, Kepala DPPKBKPS Prov. Sumatera Barat yang lama Novrial, SE, Akt, MA, Ketua Forum Dukcapil Sumbar M. Fadli, S.AP, MM, Kepala Disdukcapil Kab/Kota se Prov. Sumbar dan yang mewakili beserta jajaran.

Dalam sambutannya Kepala DPPKBKPS Prov. Sumbar, Irwan, S.Sos, MM mengatakan, beberapa hal penting terkait hasil Rakor adalah, pemanfaatan NIK, Data Kependudukan dan KTP-el oleh lembaga pengguna tingkat kabupaten/kota. Wajib menggunakan aplikasi data warehouse yang dibangun oleh Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Izin pemanfaatan data dan akses data tingkat kabupaten/kota diberikan oleh Bupati/Walikota. Penyusunan perjanjian kerja sama disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing SKPD dan tidak semua elemen data kependudukan dapat diberikan kepada SKPD.

“SKPD yang bekerja sama dengan disdukcapil tidak diperkenankan memanfaatkan data tersebut untuk diolah atau diteruskan ke SKPD lainnya.Naskah perjanjian kerja sama sebelum ditandatangani harus dikonsultasikan terlebih dahulu kepada unit kerja yang menangani kependudukan dan pencatatan sipil provinsi,” jelas Irwan, S.Sos, MM.

Sementara itu Ketua Forum Dukcapil Sumbar, Novrial mengatakan, perkembangan forum saat ini mengalami perkembangan yang cukup baik. Kendati demikian dalam pelaksanaan praktek pemanfaatan data harus melakukan koordinasi dengan pihak terkait yang berhubungan langsung dengan dukcapil, guna mencapai keserasian data

“Laporkan setiap progres dari hasil pencapaian oleh masing-masing kab/kota untuk terus memberikan yang terbaik kedepannya serta sebagai bahan evaluasi untuk pertemuan rakor / forum selanjutnya,” kata Novrial. ** Rhian/Doni/Hms

Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*