Gebu Minang Gelar Mubes, Momentum Kebangkitan Minangkabau

Padang, Editor.- Musyawarah Besar  (Mubes) ke VI Gerakan Ekonomi dan Budaya (Gebu) Minang yang mulai digelar hari ini (Jum’at, 23/12) bertempat di Pangeran Beach Padang. Kegiatan ini akan berlangsung sampai lusa (25/12) dengan beberapa agenda, diantaranya pemilihan  Ketua Umum  dan Kepengurusan Gebu Minang untuk periode 2016-2021.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan, orang Minang selalu memiliki pemikiran ingin lebih maju, termasuk dalam pembangunan kampong halaman. Kemajuan itu akan dapat diraih jika hubungan orang Minang di kampung dan rantau terjaga dengan baik.

“Untuk membangkitkan semangat kemajuan itu orang Minang harus bersatu. Dengan seringnya bertemu dan berkomunikasi dengan para perantau, potensi yang dimiliki bisa dikembangkan lebih maksimal  melalui orang Minang yang berkiprah di tingkat nasional. Dengan terpilihnya ketua baru diharapkan dapat meningkatkan eksistensi orang Minang di Indonesia dan dunia,” kata gubernur.

Sementara itu Ketua Gebu Minang Ermansyah Jamin mengatakan Gebu Minang merupakan suatu organisasi masyarakat Minangkabau yang bertujuan menghimpun dan membina potensi orang Minang yang berada di ranah Minang dan perantauan di bidang ekonomi dan kebudayaan. Mubes ini diselenggarakan dari 23-25 Desember 2016 bertepatan dengan hari ulang tahun organisasi itu yaitu pada 24 Desember 1989.

“Saya berharap ke depan anggota Gebu Minang dapat meningkatkan silaturahim agar terjalin hubungan yang baik,” katanya.

Ketua Pelaksana Mubes VI Gebung Minang Zulhendri Chaniago mengatakan untuk sementara ada dua orang yang mencalonkan diri sebagai ketua yaitu Oesman Sapta Adang dan Is Anwar.

“Pemilihan ketua tersebut melalui formatur yang akan dilaksanakan pada Sabtu malam (24/12),” katan Zulhendri. ** Wisja/Herman

 

1535 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*