Empat Kaum di Pariangan Hibahkan Tanah Kepada Pemkab Tanah Datar

Empat Kaum di Nagari Pariangan menghibahkan tanah ke Pemda Tanah Datar yang diterima oleh Bupati Irdinansyah Tarmizi.
Empat Kaum di Nagari Pariangan menghibahkan tanah ke Pemda Tanah Datar yang diterima oleh Bupati Irdinansyah Tarmizi.

Tanah Datar, Editor.- Empat kaum di Nagari Pariangan menghibahkan tanahnya kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar yang diterima langsung oleh Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi  bertempat di Kantor Wali Nagari Pariangan, Kamis (11/7).

Adapun keempat kaum yang menyerahkan tanah tersebut adalah  Kaum Dalimo yang diwakili oleh Dt.Sampono, Kaum  Malayu yang diwakili oleh Dt.Rajo Api, Kaum  Piliang yang diwakili oleh Dt.Rajo Panggulu dan Kaum Koto yang diwakili oleh Angko Rajo Mangkoto. Penyerahan hibah tanah dari keempat kaum tersebut disaksikan oleh Kepala Dinas Parawisata dan olah Raga Abdul Hakim ,Kepala Kesbangpol Tanah Datar Irwan, Notaris, Ninik Mamak, Tokoh Masyarakat  dan pemilik tanah.

Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi dalam sambutannya mengatakan, dalam waktu dekat pembangunan Desa Terindah di Dunia Nagari Tuo Pariangan akan segera direvitalisasi. Bantuan revitalisasi itu didapat sewaktu kunjungan kerja Presiden Republik Indonesia Joko Widodo beberapa waktu yang lalu dan juga disampaikannya pada saat  memperingati Hari Pers Nasional 2018 di Kota Padang.Melalui Kementerian Pembangunan Umum dan Permukiman Rakyat (PUPR) bantuan tahap pertama sebesar 42 Miliar akan  segera dikucurkan  untuk  merealisasi wacana revitalisasi.

Untuk  melangkah lebih dekat dengan wacana revitalisasi, masyarakat secara sukarela telah menghibahkan enam bidang tanah kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar. Beberapa titik pembangunan mencakup kawasan area Masjid Islah, Gerbang Masuk, Kanopi Lantak Tigo, dan Kuburan Panjang Datuak Tantejo.

“Kita sangat mengapresiasi dukungan masyarakat Pariangan yang telah membantu percepatan revitalisasi Desa Terindah Dunia dengan menghibahkan beberapa bidang tanah ke Pemerintah Daerah,” ujar Irdinansyah Tarmizi.

Irdinansyah Tarmizi menambahkan, hibah tanah yang telah diserahkan ke Pemerintah Daerah akan segera kita dilaporkan ke pemerintah pusat, sehingga pengerjaan dapat segera dilaksanakan. Percepatan pembangunan revitalisi Nagari Tuo Pariangan juga tidak lepas dari peran Niniak Mamak melakukan pendekatan kepada masyarakat baik yang ada di nagari maupun di perantauan.

Wali Nagari Pariangan April Khatib Saidi pada kesempatan tersebut .Menyatakan hibah tanah oleh masyarakat adalah bentuk dukungan dan antusias yang diberikan oleh  masyarakat dalam mempercepat revitalisasi Nagari Tuo Pariangan.

“Walaupun begitu dalam prosesnya  kendala pasti ada, akan tetapi sejauh ini semuanya  berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan.Adapun  salah satu kendalanya ada proses administrasi yang harus dilalui karena tidak semua anak kemanakan Nagari Pariangan tinggal di kampung halaman, untuk itu kita  harus menemui mereka,” ujar April Khatib Saidi.

Selanjutnya Wali Nagari menambahkan.Pengerjaan tahap awal  akan dimulai pada Agustus 2019 namun tidak keseluruhannya ,tetapi  masih menyisakan enam titik pembangunan yaitu  untuk Balai Nagari, Rest Area, Pemandian Air  Panas dan Lapangan Api Porprov.

“Kita berharap pembangunan tahap awal ini bisa segera diselesaikan dan menyusul pembangunan tahap  berikutnya ” ungkap April Khatib Saidi. ** Jum

651 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*