Dugaan Skimming Rekening Nasabah , DPRD Sumbar Minta Bank Nagari Jadikan Sebagai Evaluasi

Anggota Komisi III DPRD Sumbar saat mengadakan jumpa pers.
Anggota Komisi III DPRD Sumbar saat mengadakan jumpa pers.

Padang, Editor.- DPRD Sumbar melalui Komisi III melakukan rapat kerja membahas masalah dugaan skimming rekening nasabah Bank Nagari Sumbar, Kamis, (12/5), siang.

Ketua Komisi III DPRD Sumbar, Ali Tanjung mengatakan, pihaknya meminta Bank Nagari menjadikan masalah dugaan Skimming rekening nasabah tersebut sebagai momentum evaluasi untuk perbaikan dari segala sisi.

“Kita mendesak perbaikan dari sisi manajemen, ATMnya, pengawasan CCTV, teknologinya supaya tidak terjadi lagi hal dugaan Skimming ini ke depan,” ujar Ali Tanjung

Disebut Ali Tanjung, nasabah tidak boleh dirugikan Rp5 perak sekalipun, karena itu merupakan aturan UU Perbankan.

“Kita mendapatkan laporan dari pihak Bank Nagari, ada diterima rekaman orang melakukannya, maka kita mendorong pihak kepolisian melakukan penyelidikan sesuai aturan berlaku,” ujar politisi Demokrat tersebut.

Sekretaris Komisi III Irwan Afriadi menambahkan, pihaknya mendapatkan laporan, dari dugaan perbuatan skimming rekening nasabah Bank Nagari ini,  kerugian paling besar adalah Rp60 juta, dan paling kecil  Rp 300 ribu. Pelaku diduga tergabung dalam jaringan internasional.

“Ini merupakan risiko perbankan menggunakan ATM dan kasus ini juga pernah dialami bank- bank lainnya di Indonesia,” katanya.

Disebut Irwan Afriadi,  pihaknya mendorong Bank Nagari terus melakukan evaluasi baik internal dan eksternal, agar kejadian serupa tidak terjadi lagi.

“Kita imbau pada semua pihak, agar memberikan dukungan kepada Bank Nagari, supaya menjadi lebih baik kedepannya,  karena Bank Nagari merupakan BUMD milik Provinsi Sumatera Barat harus kita cintai,” ujar Irwan Afriadi yang merupakan politisi Partai NasDem Sumbar tersebut.

Sementara itu, Anggota Komisi III DPRD, Nofrizon meminta Bank Nagari melalui IT yang dimiliki melacak jika ada nasabah yang turut menjadi korban, namun belum melapor. Jika hal tersebut ditemukan, nasabah terkait diminta agar diberitahu, sehingga tidak ada masyarakat yang dirugikan karena rekeningnya telah tergerus. ** Herman

76 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*