Duet Gubernur – Wakil Gubernur Sumbar, Dinas BMCKTR Sumbar Tuntaskan Pembangunan Pabrik Pengolahan Jagung di Pasaman Barat

Pembangunan pabrik pengolahan jagung di Pasaman Barat.
Pembangunan pabrik pengolahan jagung di Pasaman Barat.

Pasbar, Editor.- Pekerjaan Konstruksi Proyek Pembangunan Fasilitas Pengering Jagung dan Gedung Unit Pengolahan Pakan di Pasaman Barat yang berlokasi Balai Benih Induk (BBI) Kecamatan Kinali tuntas di bangun oleh rekanan penyedia Jasa

Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Barat melalui Dinas Bina Marga Cipta Karya dan Tata Ruang (BMCKTR) dengan alokasi anggaran Rp. 48.388.229.200,00

Proyek dengan nomor kontrak 640/06/FISIK/CK-BMCKTR/VI-2023 tanggal kontrak 9 Juni 2023, waktu pelaksanaan 197 Hari Kalender sumber dana APBD dengan nilai kontrak Rp.47.350.506.900,00 konsultan PT.Eneste dengan kontraktor Pelaksana PT.Mitra Agung Indonesia.

Pelaksana Lapangan Proyek Pembangunan Fasilitas Pengering Jagung dan Gedung Unit Pengolahan Pakan di Pasaman Barat Eka mengatakan, untuk pelaksanaan pembangunan fasilitas pengering Jagung dan Gedung unit pengolahan pakan di Pasaman Barat sudah dituntaskan pelaksanaan pembangunannya.

Secara fisik struktur secara keseluruhan hingga akhir tahun 2023 pelaksanaan pembangunan terdapat sejumlah kendala namun hingga pemberian kesempatan waktu perpanjangan , tim dapat menyelesaikan bangunan sesuai kontrak yang tersedia.

Untuk bangunan struktur Gudang Pakan dengan lebar 24 meter dan Panjang 54 Meter dengan titik pondasi sumuran sebanyak 29 titik.

ia menjelaskan, untuk komponen peralatan mesin Jagung didatangkan dari China sementara kompartemen untuk Mesin Pakan yang di Fabrikasi dari produsen fabrikan Surabaya, sedangkan struktur pekerjaan menggunakan rangka baja sebagian.

Selanjutnya, guna mobilisasi akses masuk sepanjang 1.1 Kilometer dengan lebar jalan 6 meter sudah dilakukan pengerasan , ditambah pemasangan 3 titik jembatan Box Culvert.

Item penunjang pada proyek tersebut dilengkapi Pos Satpam dan ruang kontrol timbangan.

Eka menegaskan kita berterima kasih kepada semua pihak pelaksanaan proyek dapat terlaksana dengan baik , lancar dan aman.

Mari kita jaga dan kita mamfaatkan, bangunan tersebut guna menambah perputaran roda perekonomian khususnya petani jagung yang ada di Pasbar.

Selanjutnya, Anggota DPRD Sumbar Zulkenedi Said mengaku berterima kasih kepada Gubernur Sumbar atas alokasi anggaran yang dapat memberikan dampak ekonomi baru untuk Pasaman Barat dan Pasaman, sehingga petani jagung yang ada di dua Kabupaten tersebut dapat merasakan mamfaat dari pembangunan ini.

Selanjutnya, PPK Proyek Pembangunan Fasilitas Pengering Jagung dan Gedung Unit Pengolahan Pakan di Pasaman Barat Harri Richardo mengaku berterima kasih atas dukungan semua pihak dengan terlaksananya proses pembangunan walau terdapat kendala namun pihak penyedia jasa dapat menyelesaikan dengan tuntas sehingga nantinya dapat dirasakan mamfaatnya bagi warga Pasaman Barat khususnya. mari kita pelihara serta kita jaga aset ini, agar dapat berfungsi sebagaimana mestinya guna meningkatan daya saing hasil pertanian khususnya Jagung yang ada di Pasaman Barat, selain itu proyek ini akan membuka pergerakan perekonomian baru tentunya sangat berdampak positif bagi warga sekitar proyek.

Sementara Itu , Kepala Dinas Bina Marga Cipta Karya dan Tata Ruang Sumbar Era Sukma Munaf menambahkan, pembangunan Fasilitas Pengering Jagung dan Gedung Unit Pengolahan Pakan di Pasaman Barat merupakan terobosan dan inovasi industri mendekatkan fasilitas pertanian unggulan kepada petani yang ada di Pasaman Barat sebagai Kabupaten penghasil dan produksi jagung terbanyak di Sumbar, maka dari ini Gubernur Sumbar Mahyeldi dan Wagub Sumbar Audy Joinaldi melakukan langkah – langkah konkrit guna mensejahterakan para petani di daerah, tidak itu saja pembangunan ini tentu akan meningkatkan roda perekonomian , peluang tenaga kerja, serta investasi lainya diharapkan tumbuh dan berkembang di wilayah Pasaman Barat.

Ia berpesan mari kita jaga dan pelihara agar bangunan tersebut dapat berdaya guna dan bermanfaat untuk kemajuan Pasaman Barat khususnya dan Sumbar umumnya. **BUYUNG

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*