Dua Petugas RSAM Bukittinggi Terpapar Covid-19

Bukittinggi,Editor.- Bila tidak dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD) standar dalam bertugas , Petugas Laboratorium dan Office Boy (OB) Rumah Sakit rentan terpapar virus Corona.

Buktinya, uua orang petugas di Rumah Sakit Achmad Mochtar (RSAM) Kota Bukittinggi, dinyatakan positif terinfeksi Virus Corona (Covid”19). Kedua petugas itu,  satu petugas laboratorium dan satunya lagi petugas OB.

Kedua petugas itu, dinyatakan positif terinfeksi Virus Covid”19, diketahui berdasarkan hasil uji swab (spesimen) di Laboratorium Biomedik Universitas Andalas (Unand) Padang.  Saat ini, kedua petugas tersebut diisolasi di ruang khusus Covid”19 di RSAM Bukittingi.

Direktur RSAM Bukittinggi, Khairul Said membenarkan adanya 2 orang petugas yang bekerja di lingkungan rumah sakit tersebut positif Covid”19. Beberapa petugas lainnya yang diduga pernah kontak dengan kedua pasien itu juga telah diisolasi, ditempat terpisah, katanya.

Sementara Humas RSAM Bukittinggi, Mursalman menambahkan, petugas laboratorium yang positif itu bertugas sebagai pengambil sampel swab para pasien. Diduga dia terpapar dari pasien yang sebelumnya berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan telah dinyatakan positif.

“Petugas laboratorium ini tentu terpapar dari pasien berstatus PDP yang sampelnya ternyata positif. Dalam melakukan tugasnya, petugas itu  menggunakan Alat Pelindung Diri (APD),” ujar Mursalman saat dihubungi, Kamis (7/5/2020).

Menurut Mursalman, satu orang menjadi sumber tertularnya petugas laboratorium itu merupakan pasien yang masuk dari Kota Payakumbuh. Ketika petugas mengambil sampel swabnya,  pasien sempat bersin.

“Itu informasi yang saya dapat. Pasien itu bersin, sehingga ada embun di kaca penutup wajah APD dari petugas laboratorium. Semoga mereka yang positif baik-baik saja, kami prihatin dengan kondisi ini,” ujarnya.

Lebih lanjut Mursalman mengungkapkan, keluarga kedua pasien telah mengisolasikan diri secara mandiri. Sementara petugas lain yang diduga pernah kontak dengan pasien, diisolasi di tempat yang disediakan oleh rumah sakit.

“Sekarang total pasien positif di ruang isolasi dirawat di RSAM 15 orang, dan ada 5 orang PDP,  masih menunggu hasil (uji swab). Dari 15 tadi itu, termasuk dua petugas kami,” jelasnyanya. ** Widya

332 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*