Dua Kelompok Peternakan di Payakumbuh Dapat Bantuan Program Unggulan Pemprov Sumbar

Penyerahan bantuan progul dari Pemprov Sumbar.
Penyerahan bantuan progul dari Pemprov Sumbar.

Payakumbuh, Editor.- Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah menyerahkan bantuan pertanian kegiatan Program Unggulan (Progul) kepada kelompok tani yang ada di Payakumbuh.

Penyerahan bantuan tersebut dilakukan di Aula BIB Kelurahan Ibuh, Jumat (13/10/2023), dengan nilaiRp. 463.413.500 terdiri dari 1000 ekor itik, 100 ekor kambing, pakan dan obat-obatan.

“Ini merupakan bentuk keseriusan Pemprov. Sumbar dalam memberikan pembinaan kepada kaum milenial dalam bidang peternakan dan pertanian ini,” ujar Gubernur, Mahyeldi.

Mahyeldi berharap, Payakumbuh ini bisa menjadi kota sentra itik, sebagai penghasil bibit dan telur itik yang berkualitas di Sumbar.

“Harapan kita nanti bibit dan telur itik itu berasal dari Payakumbuh, apalagi Payakumbuh merupakan jalur perlintasan penghubung dengan Provinsi Riau. Ini akan sangat bagus sekali dalam upaya meningkatkan penghasilan petani kita dan pergerakan pertumbuhan ekonomi masyarakat di Payakumbuh,” ungkapnya.

Sementara itu, Pj. Wali Kota Payakumbuh Jasman, sangat bersyukur atas perhatian Pemprov. Sumbar dalam upaya peningkatan ekonomi masyarakat dan penurunan angka kemiskinan ekstrem di Payakumbuh.

“Kita sangat berterimakasih sekali kepada Pemprov. Sumbar yang telah memberikan bantuan untuk masyarakat Kota Payakumbuh. Semoga dengan bantuan ini perekomian masyarakat kita terus meningkat dan menjadi lebih baik lagi,” ujar Jasman.

Pj.Wako juga berharap, kedepannya, bantuan ini akan terus berlanjut dan semakin banyak lagi, sehingga masyarakat kita yang benar-benar membutuhkan bisa mendongkrak ekonomi minimal untuk keluarganya,pungkas Jasman.

Dikesempatan itu juga, Kadis Pertanian Kota Payakumbuh Depi Sastra didampingi Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Sujarmen mengatakan untuk tahap ini bantuan diberikan untuk kelompok tani, dan di akhir Oktober ini baru disalurkan untuk KK miskin dan KK stunting.

“Untuk tahap awal ini, bagaimana itik dan kambing yang diberikan kepada kelompok tani ini bisa berkembang dan di budidayakan dulu,” jelasnya.

Defi menyebutkan, bantuan itik diberikan untuk kelompok tani Cahaya Baru dan Makmur. Sedangkan kambing diterima oleh kelompok tani Muhasabah dan Talang Ilia.

Selanjutnya, bantuan untuk masyarakat miskin, Pemko. Payakumbuh akan memberikan akhir bulan Oktober ini, untuk masyarakat miskin dan stunting.

“Nanti untuk KK miskin, per KK akan kita bantu 73 ekor itik. Sedangkan untuk KK stunting akan dibantu 10 ekor ayam per KK nya untuk di kembang biakkan dan kecukupan gizi bagi anak-anak stunting ini,” jelasnya.

“Bantuan ini nanti lengkap kita berikan dengan kandang dan pakannya. Dan datanya kita peroleh dari Dinas Sosial untuk KK miskin dan Dinas DP3AP2KB untuk KK stunting,” pungkasnya.

Kegiatan itu juga di Hadiri Kepala Dinas Perkebunan, Tanaman Pangan dan Holtikultura Prov. Sumbar, Asisten II Elzadaswarman, Kadis Kominfo Kota Payakumbuh, Kadis Pertanian Kota Payakumbuh, Kadis PUPR Kota Payakumbuh, Kadis Pariwisata Kota Payakumbuh serta penerima bantuan. ** Yus

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*