Drs.H.Edi Busti, M.SI, Calon Terkuat Sekda Agam

Drs.H.Edi Busti, M.SI Calon kuat Sekda Kabupaten Agam.
Drs.H.Edi Busti, M.SI Calon kuat Sekda Kabupaten Agam.

Agam, Editor.- Edi Busti Salah seorang tokoh terbaik  dan juga Pamong Senior di Kabupaten Agam yang berpeluang besar dilantik menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Agam, hal itu didasari dari hasil penilaian potensi dan kompetensi seleksi terbuka pengisian jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Agam 2021.

Edi Busti, putra daerah Kecamatan Lubuk Basung, Lulusan Terbaik S2 Magister Administrasi Publik Univesitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta. Pamong senior lulusan terbaik PIM 2 LAN RI Jakarta ini adalah sosok yang membawa laporan keuangan Kabupaten Agam untuk pertama kalinya meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI tahun 2014. Saat itu, Edi Busti menjabat sebagai Kepala DPPPKA Kabupaten Agam.

Drs.H.Edi Busti, M.SI bersama istri.
Drs.H.Edi Busti, M.SI bersama istri.

Selama bertugas  Edi Busti selalu menunjukkan prestasinya di setiap jabatan Kepala OPD yang diamanahkan. Lihat saja saat Edi Busti menjadi Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat  dan Pemerintahan Nagari (BPMPN) Kabupaten Agam. Edi Busti sukses mengantarkan Nagari Simarasok sebagai Nagari Terbaik Nasional tahun 2011.

Pamong senior yang juga lama bertugas di rumah bagonjong Kantor Gubernur Sumbar ini, nyaris tak pernah melalaikan amanah yang diberikan pimpinannya.

Saat menjadi Tim Advokasi Revisi Undang Undang (UU) No. 22 Tahun 1999 menjadi UU No. 32 tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah, Edi Busti menangkap peluang dan melakukan kajian untuk pemekaran daerah, hingga akhirnya dipercaya Gubernur Sumbar sebagai Leison Officer (LO) Provinsi Sumbar di tingkat pusat.

Lewat kajian dan persiapan yang matang, maka pembentukan Daerah Otomomi Baru (DOB) di Sumbar berjalan dengan lancar. Pemerintah pusat menyetujui pemekaran Kabupatan Pasbar, Kabupaten Solok Selatan dan Kabupaten Dharmasraya serta terakhir Kota Pariaman

Sebelum pindah sebagainl Analis Kebikakan dan Pelaporan di Bappeda Kabupaten Agam pada tahun 2021 lalu, Edi Busti meninggalkan prestasi yang luar biasa bagi Pemkab Pasaman Barat. Kala itu, dia yang mengemban amanah sebagai Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pasaman Barat, sukses meraih Best Practice penanganan covid 19 tahun 2021 tingkat Sumbar.

Karena itu, merupakan keputusan yang tepat bila Bupati Agam Andri Warman mempercayakan jabatan tertinggi untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Agam itu pada Edi Busti yang sudah masak berkarir sebagai pamong.

Riwayat karir Edi Busti sebagai aparatur pemerintah:

Tahun 2001, Kasubag kerjasama propinsi  dan luar negeri di Kantor Gubernur Sumbar

Thn 2006, Kabag Humas Pemkab Pasbar

Th 2008, Kabag Umum Pemkab Pasbar

Th 2008, Kepala BPMPPKB Kab Pasbar

Th 2010, Kepala BPMPN Kab Agam

Th 2012, Kepala DPPKA Kab Agam

Th 2015, Kepala DLH Kab Agam

Th 2017, Kepala DLH Kab Pasbar

Th 2018, Kepala Satpol PP dan Damkar Kab Pasbar

Th 2019, Kepala BPBD  Kab. Pasbar

Th 2021, Analis evaluasi kebijakan  dan  pelaporan Bapedda Kab Agam

Pantauan www.portaberitaeditor.com di lapangan maupun di medsos, banyak tokoh masyarakat dan Tim Pemenangan (AWR-IF) menginginkan dia menjadi Sekda Agam. Karena sifat santun, ramah dan memiliki jejaring yang luas dan dekat dengan semua tokoh dan menguhasai permasalahan yang ada di daerah. Mampu menerjemahkan Visi Misi Kepala daerah, Membawa Agam ke arah yang lebih Maju.** Jasman Chaniago

114 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*