DPRD Sumbar Tetapkan Ranperda Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Danau Singakarak

Ketua DPRD Sumbar Ir Hendra Irwan Rahim saat menandatangani nota kesepakatan Ranperda Rencana Tata ruang kawasan strategis Danau Singkarak
Ketua DPRD Sumbar Ir Hendra Irwan Rahim saat menandatangani nota kesepakatan Ranperda Rencana Tata ruang kawasan strategis Danau Singkarak

Padang, Editor.- Dewan Perwakilan Rakyat  Daerah (DPRD)  Provinsi Sumatera Barat dalam rapat paripurna menetapkan Ranpertda tentang Rencana  Tata Ruang Kawasan strategis Danau  Singkarak, Senin (28/8 /2019).

Ketua DPRD Sumbar Ir Hendra Irwan  Rahim dalam pidatonya menyampaikan, Ranperda tentang rencana tata ruang kawasan strategis Provinsi Danau Singkarak, termasuk Ranperda yang dievaluasi,maka penetapan kesepakatan bersama dalam rapat paripurna dapat dilakukan dan evaluasi oleh Kemendagri dilakukan setelah penetapan kesepakatan bersama oleh DPRD dan pemerintah daerah.

Kondisi ini sama dengan 6 Ranperda lainnya yang telah dirampungkan pembahasanya oleh komisi komisi ,akan tetapi tidak bisa dilanjutkan pada penetapan kesepakatan bersama,oleh karena menunggu hahsil fasilitasi oleh Kemendagri.

Adapun ke enam Ranperda tersebut masing masing,Ranperda perubahan atas` Perda Nomor 8 tahun 2016 tentang pembentukan perangkat daerah provinsi Sumatera Barat. Ranperda tentang Perubahan atas`Perda nomor 2 Tahun 2014 tentang penanaman modal .Ranperda tentang pemberdayaan dan perlindungan Koperasi dan usaha kecil.Renperda tentang penyelenggaraan Cadangan Pangan . Ranperda tentang Rencana umum Energi Daerah dan Ranperda tentang penyelenggaraan Persandian. Penetapan kesepakatan bersama ke 6 Ranperda ini baru bisa dilakukan setelah keluarnya hasil fasilitasi oleh Kemendagri.

Sebagai kawasan strategis, baik untuk bidang ekonomi maupun pariwisata, maka danau Singkarak perlu direncanakan penataan dan pengembanganya yang sejalan dengan rencana pemamaatan dan daya dukung ruang wilayah, sebagaimana yang telah ditetapkan dalam RTRW Provinsi Sumatera Barat.

Sesuai dengan ruang lingkup tugas masing masing komisi,Ranperda tentang Rancana tata Ruang Kawaswan Strategis Provinsi Danau Singkarak, dibahas oleh Komisi IV bidang pembangunan.

Sesuai alokasi waktu yang diberikan, komisi IV telah melaksanakan tugasnya dengan sungguh sungguh sehingga dapat merampungkan pembahasan terhadap Ranperda tentang Rencana tata runag Kawasan Strategis Danau Singkarak Tahun 2019-2039.

Pada kesempatan ini Hendra juga mengemukakan, Rancana tata Ruang Kawasan Strategis Provinsi (RTR) provinsi Danau Singkarak tahun 2019-2039 berfungsi sebagai dasar pemerintah provinsi unuk menjamin nilai nilai strategis provinsi dalam rencana tata ruang wilayah.

Dengan ditetapkanya Perda tentang Rencana tata Ruang Kawasan Strategis Provinsi Danau Singkarak Tahun 2019-2039 diharapkan seluruh stake holder dapat bekerja sama dalamo perbaikan kondisi Danau Singkarak, serta dapat digunakan untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat khususnya Kabupaten Solok dan kabupaten Tanah Datar.

Urgensi perlunya perda ini adalah memberikan aspek legalitas dalam pembangunan daerah ,acuan arah pengembangan wilayah, acuan pemberian izin pemamfatan ruang dan acuan dalam penyelesaian konflik ruang ,dimana tujuan akhirnya terwujutnya pemamfaatan ruang daerah yang aman nyaman, produktif dan berkelanjutan.

Sementara itu laporam Ketuan Tim pembahas sekretaris Ahmad Khaidir menyampaakan, dalam pembahasan Ranperda tentang Rencana tata ruang Kawasan Strategis Provinsi Danau Singkarak tahun 2019-2039, komisiI V bersama OPD terkait di lingkungan pemerintah provinsi Sumatera barat telah melakukan berbagai agenda kegiatan pembahasan mulai dari rapat internal komisi, rapat kerja dengan OPD OPD terkait, konsultasi teknis ke Kementerian Kelautan dan Perikanan serta melakukan studi banding kedaerah lain dan melakukan penyelarasan terhadap aturan aturan terkait kewenangan sesuai dengan UU Nomor 23 tahun 2014.

Acara rapat paripurna ini dipimpin oleh Ketua DPRD Sumbar Ir Hendra Irwan Rahim, dihadiri Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan Nasrul Abit, pimpinan OPD dijajaran pemprov Sumbar, anggota Forkopimda dan undangan lainnya. ** Herman  

691 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*