DPRD Sumbar Tetapkan Ranperda Pariwisata Halal

Ketua DPRD Sumbar Supardi saat memimpin Rapat Paripurna penetapan Ranperda wisata halal
Ketua DPRD Sumbar Supardi saat memimpin Rapat Paripurna penetapan Ranperda wisata halal

Padang, Editor.-     DPRD Provinsi Sumatera Barat menetapkan Raperda Pariwisata Halal dalam rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Sumbar, Supardi, Selasa (9/6/2020).

Ketua DPRD Sumbar Supardi dalam pidatonya mengatakan, Sejalan dengan pesatnya perkembangan pariwisata di negara negara Islam, memunculkan potennsi wisata baru “Halal Tourism”. Pesatnya perkembangan wisata halal ini merupakan peluang besar bagi Provinsi Sumatera Barat, oleh karena itu konsep wisata halal tersebut sesui dengan kultur dan filosofi masyarakat yaitu”ABS-SBK”.

Dari data jumlah wisata menca Negara yang berkunjung ke Sumtera Barat, wisatawan dari Negara Negara Islam khususnya dari kawasan Timur tegah masih sangat sedikit. Padahal potensinya sangat besar untuk dapat diraih oleh Sumatera Barat  melalui wisata halal ini.

Sejalan dengan pesatnya perkembangan wisata halal tersebut, dalam perubahan RIPDA provinsi Sumtera Barat, telah diakomodir penyelenggaraan wisata halal. Akan tetapi sampai saat ini pemerintah daerah belum menyusun road map penyelenggaraan pariwisata halal tersebut.Muda mudahan dengan ditetapkanya Ranperda ini road map pariwisata halal segera disusun dan ditetapkan.

Untu mendukung wisata halal di Sumatera Barat, DPRD dalam hal ini diwakili oleh Komisi V bidang kesejahteraan sosial, bersama pemerintah daerah telah melakukan pembahasan terhadap Ranperda tentang penyelenggaraan parisata halal.

Sesuai dengan tahapan dan mekanisme pembahasan, Ranperda tersebut telah dapat dirampungkan pembahasanya oleh komisi V bersama OPD terkait dilingkungan pemerintah daerah.

Sebelum dilanjutkan pada rapat paripurna ini, Komisi V bersama OPD terkait, telah pula melakukan perbaikan terhadap Ranperda penyelenggaraan wisata halal, dengan mengakomodir beberapa saran dari hasil fasilitasi .

Pada kesempatan ini laporan tim pembahasan Ranperda penyelenggaraan pariwista halal Muclis Yusuf Abit, ST, MM mengatakan, pembahasan terhadap Ranperda tentang penyelenggaraan Pariwisata halal ini dilakukan dengan melibatkan semua stakeholder terkait. Sehingga output dari hasil pembahasan yang dilakukan dapat menjadi satu kesepakatan bersama dalam penyelenggaraan pariwisata halal di Provinsi Sumatyera Barat dan dapat aplikatif bagi pengembangan pariwisata halal baik oleh pelaku pariwisata maupun pengguna jasa wisata.

Sementara itu Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dalam pidatonya mengatakan, tujuan dari Ranperda wisata halal ini adalah untuk menjamin kapastian hukum bagi penyelenggaraan wisata halal didaerah, karena Perda ini memberikan pedoman berkualitas dan berdaya saing baik nasional ataupun global. Dengan adanya perda ini bisa meningkatkan kunjungan wisatawan dari  dalam dan dari luar.

Dengan ditetapkan Ranperda Wisata halal menjadi Perda maka penyelenggaraan pariwisata halal dapat dilakukan secara terencana, terarah dan terpadu ,sehingga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat .Perda ini juga menjadi pedoman bagi daerah untuk pengembangan pariwisata dan mendorong industri wisata halal di Sumatera Barat .

Kita berharap dengan penyelengaraan pariwisata halal di Sumatera Barat, kedepan akan menjadikan Sumatera Barat menjadi destinasi berkelas dunia dan berdaya saing glonal.

“Selanjutkan kepada OPD terkait diharapkan melakukan sosialisasi dan menyiapkan peraturan Gubernur dan peraturan pelaksana lainya yang diperlukan. Sehinga perda yang kita buat dapat terlaksana dengan baik,” ujar Irwan Prayitno.

Acara Rapat paripurna ini dipimpin oleh Ketua DPRD Sumbar yang dihadiri oleh para Wakil Ketua, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Wakil Guberur Nasrul Abit, serta bebera pimpinan OPD dijajaran Pemprov Sumbar**. Herman

 

328 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*