DPRD Sumbar Gelar Sosialisasi Mitigasi Bencana

Peserta sosialisasi mitigasi bencana di Sekretariat DPRD Sumbar.
Peserta sosialisasi mitigasi bencana di Sekretariat DPRD Sumbar.

Padang, Editor.- Terjadinya gempa dan tsunami tidak dapat diprediksi oleh siapapun. Bberangkat dari hal ini Sekretariat DPRD Sumbar menggelar sosialissi mitigasi bencana dengan mendatangkan aktivis komunitas siaga tsunami (Kogami) Sumbar, Patra Runa Dewi beberapa waktu lalu.

Kabag Persidangan DPRD Sumbar, Jhon Lizar  saat membuka acara sosialisasi ini mengatakan, lokasi DPRD Sumbar berdekatan dengan laut, sehingga ancaman gempa dan tsunami sangat nyata dan bisa terjadi kapan saja. Untuk itu sekretrariat DPRD Sumbar mengadakan sosialisasi mitigasi bencana.

Jhon Lizar juga menyampaikan, para ahli geologi mengatakan Sumbar merupakan daerah yang berpotensi mengalami bencana gempa dan tsunami, karena secara georafis berada pada wilayah pesisir Sumatera. Untuk itulah Gedung DPRD sengaja dibangun tinggi sekaligus dijadikan sebagai shalter.

Sementara Patra Rina Dewi Direktur  Kogami Sumbar mengatakan, ancaman gempa besar san tsunami di pesisir pantai Sumbar sudah diprediksi sejak tahun 2005, usai gempa dan tsunami Aceh pada Desember 2004. Kajian ahli Gempa juga sudah memperediksi ada potensi gempa besar megathrust Mentawai. Kendati sudah ada beberapa gempa besar di tahun 2007 dan tahun 2009, namuin acaman megathrust masih ada sampai sekarang masyarakat harus siap.

Ia memberi apresiasi Sekretariat DPRD Sumbar yang telah melaksanakan sosialissi mitigasi bencana. Pasalnya berdasrkan pengalaman simulasi bencana yang diadakan di sumbar kurang mendapat respon positif dari masyarakat.

“Kita ingat gempa Palu yang sudah diprediksi dan diadakan simulasi tapi kurang direspon. Ketika terjadi gempa masyarakat kurang siap . Kita berharap masyarakat Sumbar bisa siap mengahadapi bencana. Potensi gempa besar di Sumbar buka untuk menakut nakuti tapai harus membuat masyarakat waspada,” ujar Patra.

Hadir dalam acara sosialisasi mitigasi bencana ini karyawan Sekretrait DPRD Sumbar berserta Ibu ibu Darmawanita Sekretariat DPRD Sumbar . **Herman

501 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*