DPRD Pasbar Gelar Rapat Paripurna HUT Pasaman Barat ke-15

Rapat Paripurna HUT Pasbar ke 15.
Rapat Paripurna HUT Pasbar ke 15.

Simpang Empat, Editor.- Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, para mantan Bupati Pasaman Barat dan tokoh-tokoh yang ikut berjuang demi Pasbar lebih mandiri, diantaranya Drs. H. Baharuddin R, Benny Utama, Drs. H. Zambri, Sudirman Samin.hadiri  Rapat Paripurna Hari Ulang Tahun (HUT) ke 15 yang digelar DPRD Pasbar, Senin (7/1).

Sidang Paripurna DPRD tersebut dimulai pada pukul 10 WIB oleh Ketua DPRD Pasaman Barat Daliyus K. Pidato Ketua DPRD Pasaman Barat Daliyus K berlanjut dengan membacakan kisah perjalanan Kabupaten Pasaman Barat menuju Kabupaten yang mandiri. Sejak periode kepemimpinan Drs. H. Syahiran dan Yulianto dengan dukungan DPRD Kabupaten Pasaman Barat dan peran serta semua elemen masyarakat. Maka kehidupan sosial ekonomi masyarakat mengalami kemajuan, berbagai prestasi monumental telah di ukir oleh Pasbar.

“Dengan digagas dan diimplementasikan beberapa program pro rakyat yang betul-betul menyentuh sendi-sendi kehidupan masyarakat luas. Seperti pengalokasian dana 10 persen dari DAU APBD untuk nagari, untuk pendidikan 20 persen, untuk kesehatan 10 persen, infrastruktur, ekonomi kerakyatan sesuai dengan amanat UU,” kata Daliyus K.

Ia melanjutkan, tidak hanya sampai di situ, dalam waktu singkat Pemerintah yang genap berusia 15 tahun ini berulang kali dapat menorehkan prestasi fenomena. Tidak hanya di tingkat provinsi Sumbar tetapi sampai pada level nasional.

“Apresiasi juga kita kita sampaikan ketika Pasbar mendapatkan WTP tahun 2016 dan 2017 dan kita berharap pada tahun 2018 juga begitu,” ulas Daliyus. K.

DPRD bersama Pemerintah daerah telah menerbitkan produk hukum tahun 2010 sebanyak 12 buah. Tahun 2011 sebanyak 25 buah, tahun 2012 sebanyak 18 buah, tahun 2013 sebanyak 11 buah, tahun 2014 sebanyak 24 buah, tahun 2015 sebanyak 25 buah, tahun 2016 sebanyak 22 buah, tahun 2017 sebanyak 15 buah dan tahun 2018 sebanyak 34 buah.

Bupati Syahiran, juga mengucapkan rasa syukur dan terima kepada seluruh elemen yang telah ikut serta mendukung kegiatan Pasbar expo di HUT yang ke 15 ini. Banyak pihak yang telah berjuang demi kemajuan Pasbar hingga saat ini.

“Sejarah perjalanan panjang Kabupaten Pasaman Barat hingga menginjak usia 15 tahun ini tidak lepas dari pengorbanan saudara – saudara kita seperti yang telah disebutkan oleh Ketua DPRD tadi. Semua yang telah berjuang demi Pasbar semoga mendapat kan balasan. Namun, perjuangan kita tidak sampai di situ, ke depan kita harus berjuang bersama-sama untuk membangun Pasbar,” kata Syahiran.

Pasbar Semakin Maju dan Berkembang

Pemprov Sumbar mengapresiasi HUT Pasbar yang ke-15 tahun ini. Pasalnya, Pasbar dianggap telah mampu membangun daerah dimulai dari pendidikan, kebudayaan serta ekonomi. Dan Selamat Ulang Tahun Pasman Barat, semoga kado istimewa diusia 15 tahun ini bisa keluar dari kategori daerah tertinggal.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit pada Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pasman Barat (Pasbar) menggelar rapat paripurna istimewa ke I  peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-15 tahun 2019. Sidang.

Lebih lanjut Wagub Nasrul Abit menyampaikan, dari tiga kabupaten tertinggal Pasaman Barat merupakan yang terbaik dalam pertumbuhan ekonominya dimana, pertumbuhan ekonomi Sumbar 5,27 persen pada kuartal II tahun 2018 sementara Pasbar 5,57 persen.

Saat ini kita sedang berupaya menuntaskan pembangunan teluk Tapang yang tahun 2019 ada 4 Miliar dan pembangunan sarana jalan sebesar 40 Miliar dari dana Anggaran Pembangunan Belanja Negara (APBN) Kementerian PUPR.

Pengembangan pembangunan teluk Tapang ini tentu nanti akan memberikan dampak besar dalam pertumbuhan ekonomi masyarakat Pasbar. Baik dalam sektor pertambangan, pembangunan pabrik turunan minyak sawit, sehingga selain meningkatkan lapangan kerja juga meningkatkan produksi turunan sawit yang juga menjadi produksi eksport, ujarnya.

Wagub Nasrul Abit juga menyampaikan dalam menjaga keamanan dan ketertiban pada penyelenggaraan Pemilihan Umum  serentak 2019, agar setiap komponen daerah tidak terpengaruh isu-isu hoax yang memecah belah kesatuan Indonesia.

Setiap masyarakat diharapkan mengunakan hak pilih dan dipilih dengan cara yang benar dan baik. Silahkan berbeda pilihan akan tetapi utamakan persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kemudian mari kita persiapan sumberdaya manusia Pasbar dalam menghadapi era four point ziro, dimana kemajuan teknologi bagian penting dalam meningkatkan pelayanan dan penyelenggaraan pembangunan daerah.

Mempersiapkan generasi muda yang beradab,  bermoral dan cerdas bagian tak terpisahkan dari kondisi pembanguan saat ini. Maka pengawasan ninik mamak, bundo kanduang, orang tua, guru terhadap anak-anak kita agar terjauh dari pengaruh nakorba, perbuatan maksiat, LGBT dan minum-minuman keras, himbay Nasrul Abit. ** A.  Lubis/ Zardi/Hms

996 Total Dibaca 3 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*