DPRD Kab Solok. Setuju Pemberhentian Dodi Hendra Sebagai Ketua DPRD Kab. Solok

Penandatangan berita acara persetujuan pemberhentian Dodi Hendra Sebagai Ketua DPRD Kab. Solok.
Penandatangan berita acara persetujuan pemberhentian Dodi Hendra Sebagai Ketua DPRD Kab. Solok.

Arosuka, Editor.- DPRD Kab Solok menggelar Sidang Paripurna dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Kab Solok Ivoni Munir, S. Farm, Apt dengan agenda  Penyampaian Laporan Usul Pemberhentian Ketua DPRD Kab Solok, bertempat di Ruang Rapat Uatama, Senin (30/8/2021).
Hadir pada sidang tersebut Bupati Solok diwakili Plh Sekretaris Daerah Edisar, SH, M. Hum, Wakil Ketua DPRD Kab Solok Ivoni Munir S. Farm, Apt dan Lucky Efendi, Sekretaris Dewan Kab Solok Mulyadi Marcos, Sekretaris Daerah diwakili Kabag Pemerintahan Syahrial, Anggota DPRD Kab Solok, Forkopimda Kab Solok dan SKPD lingkup Pemda Kab Solok.

Kegiatan sidang paripurna pada hari ini dilaksanakan berdasarkan hasil rapat BAMUS DPRD Kab Solok, Jumat / 27 Agustus 2021, Nomor 176/12/Bamus-DPRD/2021 tentang jadwal DPRD Kab Solok.

Dalam laporannya Lucky Efendi menyampaikan, rapat paripurna dalam rangka penyampaian Keputusan BK DPRD Kab Solok atas penyelidikan, verifikasi dan klarifikasi atas pengaduan dari pimpinan DPRD, Anggota DPRD atau masyarakat yang laporannya telah disampaikan pada rapat paripurna DPRD Kab Solok pada Jum’at, 20 Agustus 2021

Berdasarkan keputusan BK DPRD Kab Solok Nomor:175/01/BK/DPRD/2021 tentang sanksi pelanggaran kode etik terhadap Saudara Dodi Hendra sebagai Ketua DPRD Kab. Solok periode 2019-2024 dan Surat Badan Kehormatan Nomor:176/246/BK-DPRD/2021 perihal penyampaian putusan BK tentang sanksi pelanggaran kode etik

Berdasarkan pasal 37 ayat 1 peraturan pemerintah nomor 12 tahun 2018 tentang pedoman penyusunan tata tertib dewan perwakilan rakyat daerah provinsi, kabupaten, kota mengamanatkan bahwa “pimpinan DPRD lainnya melaporkan usulan pemberhentian pimpinan DPRD dalam rapat paripurna

“Sehubungan dengan itu kami pimpinan DPRD Kab Solok menyampaikan usulan pemberhentian ketua DPRD Kab Solok,” kata Lucky Efendi.

Setelah pembacaan laporan usulan pemberhentian ketua DPRD dari jabatannya serta semua anggota DPRD juga setuju dengan pemberhentian Ketua DPRD dari jabatannya, maka dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara persetujuan DPRD tentang usul pemberhentian ketua DPRD sisa masa jabatan 2019-2024.

Dengan telah ditandatangani berita acara tersebut maka berdasarkan peraturan pemerintah nomor 12 tahun 2018 pasal 36 ayat 4, dalam hal ketua DPRD Kab. Solok berhenti dari jabatannya maka pimpinan DPRD akan menunjuk salah satu wakilnya untuk melaksanakan tugas ketua DPRD sampai dengan waktu yang ditetapkannya sampai ada ketua DPRD defenitif dan yang ditunjuk menjadi pelaksana tugas ketua DPRD adalah Lucky Efendi.

Sementara itu dalam pandangan Partai Gerindra tentang pemberhentian Dodi Hendra yang disampaikan Septrismen menyebutkan, sebagai kader Gerindra dari Fraksi Gerindra di DPRD Kab. Solok, saya patuh dan tunduk kepada putusan lembaga maupun kepada partai dan pimpinan sepanjang keputusan itu tidak bertentangan dengan undag-undang serta menghargai hak asasi kader dengan menjunjung tinggi azas praduga tidak bersalah.

“Terkait sidang paripurna pemberhentian sdr. Dodi Hendra yang merupakan kawan satu fraksi tentu saya berpegang teguh pada azas hukum praduga tidak bersalah walaupun keputusan DPRD nanti akan diambil pada sidang paripurna dan masih ada ruang hukum pembelaan diri melalui lembaga PTUN,” kata Septrismen.

Lebih lanjut dikatakannya, ia hadir pada rapat kali ini untuk menghormati keputusan lembaga DPRD sekalipun terkait dengan Ketua DPRD, Sdr. Dodi Hendra, tanpa adanya tekanan politik ataupun tekanan dari pihak manapun karena konsisten dengan semangat membela kebenaran dan keadilan serta menempatkan hukum sebagai panglima, kalau bukan kita siapa lagi kalau bukan sekarang kapan lagi.

Septrismen mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat kab. solok maupun pemerintah daerah atas adanya insiden secara spontan dalam rapat paripurna DPRD beberapa waktu yang lalu.

Ia berharap kepada kawan-kawan seperjuangan di DPRD Kab. Solok mari kita bangun Kab Solok dengan mendukung Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati “Mambangkik Batang Tarandam” menuju kabupaten solok terbaik di Sumatera Barat.

“Kehadiran saya ini bukan bermaksud menghianati Partai Gerindra, tidak patuh perintah partai maupun pimpinan partai, justru saya hadir untuk membuktikan bahwa kader Partai Gerindra adalah kader yang sportif dan setia dalam membela kebenaran dan keadilan dengan berpegang teguh pada sumpah,” pungkas Septrismen. ** Tiara/Hms

163 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*