Dinas Perpustakaan & Kearsipan Payakumbuh Gelar Lomba Menggambar dan Bercerita

Panitia lomba bercerita dan menggambar Dinas Perpustakaan dan Arisp Kota Payakumbuh.
Panitia lomba bercerita dan menggambar Dinas Perpustakaan dan Arisp Kota Payakumbuh.

Payakumbuh, Editor.- Melalui Program dan kegiatan Publikasi serta Soaialisasi Minat dan Budaya Baca, Dinas  perpustakaan dan kearsipan kembali mengadakan berbagai macam lomba seperti tahun-tahun lalu.

Pada tahun ini ada 4 (empat) jenis lomba yang akan diadakan, yaitu lomba menggambar tingkat PAUD/TK/RA, lomba bercerita tingkat SD/MI, lomba Storytelling untuk guru-guru PAUD/TK/RA/SD/MI dan lomba baca puisi tingkat umum.

Lomba menggambar dan bercerita diadakan pada tanggal 20 dan 21 Maret 2019, sedangkan lomba Storytelling dan baca puisi diadakan pada bulan April 2019. Keempat macam lomba itu akan dilaksanakan di halaman Dinas Perpuatakaan dan Kearsipan Kota Payakumbuh Jl.Soekarno Hatta nomor 175 Payakumbuh.

Menurut Kadis DPK Ir.Zulinda Kamal didampingi Sekretarisnya Dasril .Sp.M.Pd , Kasi Pembinaan Perpustakaan Drs.Efyuniwan serta Kasi Pelesterian Bahan Perpustakaam Eva Sovia N,  SS mengatakan, Pendaftaran peserta lomba menggambar dan lomba bercerita telah dapat dilakukan dari sekarang dan akan  berakhir masa pendafyaran peserta  15 Maret 2019 mendatang. Tempat pendaftaran di sekretariat lomba Bidang Perpustakaan Kota Payakumbuh .

Persyaratan dan kriteria dalam lomba menggambar antara lain, untuk tingkat PAUD/TK/RA antara lain, jumlah peserta masing-masing PAUD/TK/RA maksimal 2 orang (1 (putra dan 1 putri). Durasi Lomba  120 Menit. Panitia menyediakan kertas yang akan digambar, (ukuran kertas A3). Peserta membawa pensil warna dan meja gambar. Tema gambar adalah tentang Kesehatan dan Lingkungan Hidup. Biaya konsumsi dan transportasi dibebankan kepada sekolah masing-masing.

Kriteria penilaia antara lain, Gambar sesuai dengan tema, , Ketetapan bentuk objek gambardan  Kreativitas menggambar.

Hadiah yang disediakan adalah. Untuk   Juara I   : Rp. 500.000.- + Tropi dan Piagam, Juara II : Rp. 400.000.- + Tropi dan Piagam, Juara III : Rp. 350.000.- + Tropi dan Piagam, Juara Harapan I : Rp. 250.000.- + Tropi dan Piagam, Juara Harapan II : Rp. 200.000.- + Tropi dan Piagam.

Untuk Lomba Bercerita (tingkat SD/MI) persaratannya,  masing-masing sekolah mengirim 2 Orang,  1 orang putra dan orang putri dengan durasi bercerita 15 menit.

Peserta yang akan dikirim maksimal masih duduk di kelas 5 (lima). Cerita yang akan ditampilkan adalah cerita rakyat yang berasal dari Sumatera Barat, Peserta menyerahkan teks cerita rakyat yang akan dibawakan sebanyak 3 rangkap dan membawa property. Pakaian disesuaikan dengan cerita yang akan dibawakan. Biaya konsumsi dan transportasi di bebankan kepada sekolah masing-masing peserta/sekolah.

Kriteria penilaian, Penguasaan materi dengan    Bobot  20 %, , Cara bercerita/Teknik bercerita, Bobotnta 40 %,  Kemampuan (skill) bercerita Bobotnha 30 %, Penampilan peserta dalam bercerita       Bobot : 10 %.

Hadiah yang disediakan untuk Juara I disamping tabanas  Rp. 500.000, juga diberikan tropi dan piagam. Juara II   : Rp. 400.000. Tambah  Tropi dan Piagam. Juara III : Rp. 350.000,ditambah  Tropi dan Piagam, begitu juga Juara Harapan I : Rp. 250.000. Tropi dan Piagam, Juara Harapan II : Rp. 200.000.-+ Tropi dan Piagam.

Pemenang pertama lomba bercerita ini akan mewakili kota Payakumbuh dalam lomba yang sama di tingkat Propinsi Sumatera Barat yang akan diselenggarakan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Prop.Sumbar.

Contact person yang bisa dihubungi menyangkut lomba yaitu Sdr. Dasril, S.Pd, M.Pd (081363587566), Sdr. Drs. Efyuniwan (082388470109) dan Ipil Susanti, A.Md (081275874242).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Payakumbuh Ir. Zulinda Kamal didampingi oleh sekretaris DPK  H.Dasril, M.Pd, S.Pd  mengharapkan, melalui kegiatan lomba ini diharapkan dapat menggairahkan program Literasi serta mempublikasikan keberadaan dan layanan Perpustakaan Daerah Payakumbuh kepada masyarakat.

Di tahun-tahun mendatang diharapkan dapat ditingkatkan lagi jumlah dan jenis kegiatan bidang Literasi antara lain Lomba menulis cerita rakyat Payakumbuh dan Luak Limopuluah, Kuliner-Kuliner Khas Payakumbuh, Pelatihan menulis bagi pelajar, mahasiswa dan umum serta kegiatan Penerbitan buku-buku karya anak-anak dan penulis Payakumbuh sesuai standar ISBN  tambah H Dasril, S.Pd, M.Pd didampingi kabid Perpustakaan Hj.Aswad, SKM dan Pustakawan Ipil Susanti, A.Md. **Yus

974 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*