Dinas Perikanan Kab. Tanah Datar Gelar Festival Pangan Lokal B2SA

Bupati Irdinansyah saat membuka Fesival B2SA.
Bupati Irdinansyah saat membuka Fesival B2SA.

Batusangkar, Editor.- Festival Pangan Lokal Beragam, Bergizi dan Aman (B2SA) yang dilaksanakan oleh Dinas Pangan dan Perikanan Tanah Datar  di buka secara resmi oleh Bupati Tanah Datar Irdinasyah Tarmizi,  Jumat (16/8) bertempat di gazebo Indo Jalito Batusangkar.

Bupati Irdinansyah dalam sambutannya mengatakan, Pangan lokal Beragam Bergizi dan Aman sangat penting sebagai komponen dasr untuk mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkaulitas. Oleh sebab itu pola kosumsi pangan merupakan prilaku penting yang dapat mempengaruhi gizi sesorang.

Adapun tiga inovasi Pangan yang di launchinmg  hari ini yaitu Gerakan Makan Sayur dan Buah (Gemasabuah).Pemasaran Ikan Segar dan Aman (Pekan Segara) dan Toko Tani Indonesia Center (TTIC) sangat penting, karena sampai saat ini pola konsumsi pangan masyarakat masih belum memenuhi kaidah gizi seimbang. Hal ini terlihat dari skor Pola Pangan Harapan (PPH) Kabupaten Tanah Datar tahun 2018 baru mencapai 77, sementara skor idealnya adalah 100.

“Komposisi pangan masyarakat Tanah datar masih didominasi oleh kelompok pangan beras ( padi-padian) serta konstribusi minyak dan lemak yang sudah melewati batas yang dianjurkkan. Kosumsi beras masyarakat Tanah Datar tahun 2018 sebesar 296 gram/kapita/hari dan pertahunnya mencapai 108,1 kg,“ ungkap Irdinansyah.

Bupati juga  menambahkan, melalui festival B2SA dan lomba masak serba ikan ini, diharapkan mampu menumbuhkan minat untuk mengolah potensi bahan pangan lokal menjadi pangan yang sehat dan aman dengan komposisi yang seimbang dan diterapkan dalam menyusun menu keluarga sehari-hari. Sehingga dapat memberikan nilai ekonomis dan nilai tambah pengolahan dan pemanfaatan produk pangan lokal yang berkelanjutan.

“Tim Penggerak  PKK sebagai mitra pemerintah  yang  menyentuh seluruh lapisan masyarakat agar lebih berperan aktif dalam mensosialisasikan konsumsi pangan Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) serta Gerakan Memasyarakatkan Konsumsi Ikan (Gemarikan) sampai ke tingkat rumah tangga,” kata Irdinansyah..

Kepala Dina Pangan dan Perikanan Tanah Datar Ir Daryanto Sabir dalam laporannya menjelaskan, Festival B2SA dan Lomba memasak serba ikan  ini diikuti oleh utusan TP-PKK Nagari dan Kecamatan  se Kabupaten Tanah Datar yang tujuannya adalah untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang penerapan B2SA dengan memanfaatkan pangan lokal, mendorong kreatifitas dan inovasi dalam mengolah pangan lokal yang bernilai komersil. 

Untuk pemenang Festival Pangan B2SA, kategori makanan kotak B2SA, Juara 1 TP PKK Kecamatan Limo Kaum, Juara 2 Kecamatan  Sungayang, Juara 3 Kecamatan  Batipuh, Harapan 1 Kecamatan Pariangan, Harapan 2 Kecamatn  Tanjung Baru dan Harapan 3 Kecamatan  Padang Ganting. 

Untuk kategori olahan pangan lokal komersil, Juara 1 Kecamatan Batipuh Selatan , Juara 2 Kecamatan Limo Kaum, Juara 3 Kecamatan Lintau Buo Utara, Juara Harapan 1 Kecamatan Padang Gantiang,Juara harapan II Kecamatan Sungayang,Juara harapan III Kecamatan Pariangan sedangkan untuk lomba masak serba ikan Juara I TP-PKK Nagari Sungai Tarab, Juara 2 TP-PKK Nagari Tabek, Juara 3 TP-PKK Nagari Minangkabau dan Juara Harapan 1  TP-PKK Nagari Tanjuang Alam, Juara Harapan 2 TP-PKK Nagari Pasia Laweh, Juaara Harapan 3 TP-PKK Nagari Tanjuang Barulak Kecamatan Batipuh,

Turut hadir  dalam acara tersebut Kadis Ketahanan Pangan Provinsi Sumatera Barat Effendi, Ketua Sementara DPRD Jonnedi, Wakil Ketua Sementara DPRD Istiqlal, Forkompinda, Ketua PKK Ny.Emi Irdinansyah ,ketua Bhayangkari, Ketua GOW Ny. Retri Zuldafri dan Kepala OPD. ** Jum

577 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*