Dinas Pangan dan Perikanan Tanah Datar Gelar Lomba Cipta Menu Beragam

Batusangkar, Editor.- Dinas Pangan dan Perikanan Tanah Datar bekerja sama dengan Forikan melaksanakan Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA), Lomba Masak Serba Ikan dan Lomba Mewarnai Gambar Ikan tingkat TK se Kabupaten Tanah Datar. Rabu (23/8) di Gedung Indo Jalito, Batusangkar.

Acara tersebut dibuka oleh Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi ,dalam sambutannya Bupati mengucapkan selamat datang dan menyampaikan penghargaannya kepada seluruh peserta lomba, karena kehadiran peserta lomba menunjukkan tekad, kerja sama serta bentuk  penyatuan langkah untuk mewujudkan pengembangan konsumsi pangan beragam, bergizi seimbang dan memasyarakatkan makan ikan di Kabupaten Tanah Datar.

“Konsumsi ikan di Tanah Datar pada saat ini sangatlah  rendah  untuk itu melalui lomba ini yang diikuti seluruh PKK baik di tingkat Kecamatan sampai Nagari kita berharap dapat terwujudkannya masyarakat yang gemar makan ikan untuk memperoleh kebutuhan gizi serta menunjang pertumbuhan dan perkembangan tubuh untuk dapat hidup sehat, aktif dan produktif,” ujar Bupati.

Ditambahkan Bupati lomba cipta menu B2SA, Lomba Masak Serba Ikan  dan Lomba Mewarnai Gambar Ikan Tingkat TK se Kabupaten Tanah Datar adalah suatu bentuk upaya sosialisai konsumsi pangan dalam peningkatan konsumsi ikan.

“Inilah salah satu bentuk sosialisasi kepada masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang dan aman tersebut sampai pada tingkatan yang terkecil yaitu kepada keluarga dan lomba mewarnai ikan tingkat TK juga merupakan salah satu upaya mengenalkan ikan sebagai salah satu sumber protein nilai gizi tinggi kepada anak usia dini”, ujarnya.

Bupati juga  berharap dengan terlaksananya perbaikan konsumsi pangan melalui pemanfaatan beragam pangan yang bermutu akan mendorong pada penyediaan produk pangan yang lebih beragam dan aman untuk dikonsumsi.Peserta diharapkan memahami dan mampu serta terampil dalam melakukan perencanaan, pengolahan, penyediaan menu yang beragam, bergizi seimbang dan aman berbasis sumber daya lokal

Sementara itu ketua Forikan Kabupaten Tanah Datar Ny. Emi Irdinansyah  dalam sambutannya menyatakan Lomba Cipta Menu B2SA, Masak Serba Ikan dan Lomba Mewarnai Ikan Tingkat TK se Kabupaten Tanah Datar adalah ajang promosi gemar makan ikan kepada anak usia dini serta  masyarakat dan khususnya kepada ibu rumah tangga selaku individu yang bertangung jawab untuk memenuhi kebutuhan menu gizi.

“Selepas lomba ini kami sangat mengharapkan  agar ada peningkatan konsumsi ikan di Kabupaten Tanah Datar serta keluarga pada umumnya dan apa yang didapat hari ini agar bisa segera diterapkan. Kepada peserta yang ikut lomba pada hari ini saya mengucapkan terima kasih atas keikut sertaannya bagi yang belum berhasil memperoleh gelar juara .Semoga ditahun depan bisa jadi juara,”.ujar Ny.Emi Irdinansyah

Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Tanah Datar Yulfiardi dalam laporannya menyampaikan, peserta Lomba Cipta Menu B2SA berbasis sumber daya lokal adalah utusan TP PKK Kecamatan se Kabupaten Tanah Datar sebanyak 12 peserta, Peserta Lomba Masak Serba Ikan adalah utusan TP PKK Nagari se Kabupaten Tanah Datar sebanyak  36 peserta dan Lomba Mewarnai Gambar Ikan Tingkat Kanak-Kanak adalah utusan TK dari Kecamatan se Kabupaten Tanah Datar sebanyak 25 peserta.

“Tujuan acara ini dilaksanakan adalah untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan B2SA, membangun budaya keluarga untuk mengkonsumsi aneka ragam jenis pangan dengan porsi seimbang dan mengenalkan ikan sebagai sumber protein hewani yang mengandung nilai gizi tinggi kepada anak usia dini,” ujarnya.

Acara tersebut ditutup dengan penyerahan hadiah bagi para pemenang Lomba Cipta Menu B2SA, Lomba Masak Serba Ikan dan Lomba Mewarnai Gambar Ikan Tingkat Taman Kanak-Kanak se Kabupaten Tanah Datar dan juara terbagi dalam 6 kategori di setiap masing-masing perlombaan degan dewan juri Irwan, Tati Chairul dan Yusmanidar.

Pemenang lomba Cipta Menu B2SA berbasis sumber daya lokal yaitu, Juara 1 Kecamatan Lintau Buo, Juara 2 Lintau Buo Utara,  Juara 3 Sungai Tarab, Juara Harapan 1 Sugayang, Juara Harapan 2 Lima Kaum dan Juara Harapan 3 Rambatan.

Sedangkan pemenang pada Lomba Mewarnai Gambar Ikan Tingkat Taman Kanak-Kanak yaitu Juara 1 Alya Rahmadani TK Lenggogeni Sungai Tarab, Juara 2 Haura Nabila Putri TK Nurul Ihsan X Koto, Juara 3 Rahma Anisa TK M. Iklas Lima Kaum, Juara Harapan 1 Auzia Fitri TK Hidayatullah X Koto, Juara Harapan 2 Puja Mariska Putri TK Baiturrahman Batipuh Selatan dan Juara Harapan 3 Rahma Anisa TK Kurnia Sungayang.

Dan pemenang  pada Lomba Masak Serba Ikan yaitu Juara 1 Nagari Sungai Tarab, Juara 2 Nagari Lima Kaum, Juara 3 Nagari Sumpur, Juara Harapan 1 Nagari Guguak Malalo, Juara Harapan 2 Nagari Tanjung Alam, dan Juara Harapan 3 Nagari Pasie Laweh.

Turut hadir dalam acara tersebut Forkopinda Tanah Datar, Kabid Penguatan Daya Saing Produk Perikanan Ir. Farietni Msi, Kepala OPD, Ketua TP PKK Kecamatan se Kabupaten Tanah Datar serta para pedamping peserta lomba. ** Jum

718 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*