Dinas Kebudayaan Kota Sawahlunto Akan Gelar “Sawahlunto Balega”

Sawahlunto, Editor.- Dinas Kebudayaan Kota Sawalunto akan gelar iven budaya “Sawahlunto Balega” pada tanggal 9 – 10 Novemer mendatang. Iven ini merupakan salah satu rangkaian Silek Art Festival (SAF) yang dilaksanakan Dinas Kebudayaan Sumbar di sembilan Kabuapen/Kota Sumatera Barat selama tiga bulan.

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Sawahlunto, Hendri Thalib didampingi Kepala Seksi Sejarah dan Nilai Budaya, Desri Fahmi, mengatakan, pada iven ini akan ditampilkan 40 pasang pesilat remaja tingkat SMP dari seluruh Kabupaten/Kota Sumatera Barat. Selain itu juga akan ditampilkan pesilat dari mancanegara. Dua diantaranya, yaitu Malaysia dan Singapura telah memastikan akan hadir dalam iven Sawahlunto Balega.

“Untuk pesilat dari mancanegara ini, kehadiran mereka merupakan tugas dan tanggung jawab Dinas Kebudayaan Sumbar. Untuk itu kita selalu melakukan koordinasi dan komunikasi dengan Pantia SAF untuk memastikan berapa jumlah pesilat luar negeri yang akan hadir,” kata Hendri Thalib.

Lebih lanjut dijelaskan, walau iven Sawahlunto Balega bukanlah merupakan lomba, panitia menyediakan reward bagi 5 (lima) penampil terbaik tanpa ranking, masing-masing berupa uang sebanyak Rp 2 juta.-

“Atraksi silat yang akan ditampilkan adalah ‘silek tuo’ dari masing-masing daerah, bukan silat olahraga sebagaimana yang dipertandingkan. Hal tersebut bertujuan agar generasi muda kembali mengenal dan mencintai budaya leluhur Minangkabau,” tambah Desri Fahmi. ** Rhian/Leo

984 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*