Desa Wisata, Peluang Percepatan Pertumbuhan Ekonomi Baru di Agam

Danau Maninjau, salah satu obyek wisata di Kab. Agam.
Danau Maninjau, salah satu obyek wisata di Kab. Agam.

Agam, Editor.- Seperti yang kita ketahui bersama, salah satu target prioritas Utama kepemimpinan Bapak Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman, MM dan Wakil Bupati Agam Irwan fikri, SH saat ini adalah bidang kepariwisataan.

Bupati Agam, Andri Warman.
Bupati Agam, Andri Warman.

Penobatan pariwisata menjadi salah satu target prioritas di Kabupaten Agam dikarenakan Agam, kaya raya soal sumber daya Alam dan keindahan Alam,

Selain itu bidang kepariwisataan dianggap dapat menyediakan lapangan kerja, peningkatan penghasilan, standar hidup dan menstimulasi sektor-sektor produksi lainnya sehingga berdampak pada pembangunan ekonomi.

Di Agam sendiri, cukup banyak potensi pariwisata yang bisa dikembangkan, Agam merupakan satu dari sedikit daerah di Sumbar yang memiliki potensi pariwisata dengan kekayaan potensi Alam yang dimiliki, seperti kawasan pantai, danau, cagar Alam, dan banyak potensi pariwisata lainnya.

Alhamdulillah, target prioritas pariwisata kabupaten Agam, disambut baik Oleh pemerintah Pusat dan Provinsi.

Dukungan pemerintah pusat diaplikasikan melalui kementrian desa dan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreaktif dengan membentuk beberapa wilayah di Agam, menjadi desa wisata.

Ada 9 desa wisata yang telah diusulkan Oleh Pemerintah Agam,

desa wisata ini akan menjadi solusi agar wisata lebih terstruktur dan pelibatan komponen masyarakat dalam perjalanannya.

Salah satu program desa wisata yang akan digarap adalah pembuatan “home stay”, home stay dinilai bisa menjadi solusi pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui desa wisata, melekatkan peran masyarakat dengan menjadi pemilik home stay dinilai akan bisa menjadi pemasukan utama masyarakat sekitar daerah pariwisata, mendirikan home stay juga cendrung mudah dan tidak rumit., dengan modal bangunan yang sudah ada, masyarakat sudah bisa menjadi pemilik homestay disekitaran daerah wisata.

Pemilik homestay atau keluarganya juga memungkinkan langsung menjadi pemandu wisata, terutama bagi wisatawan yang memerlukan petunjuk didaerah sekitar wisata,

Dari konsep yang dijelaskan saja, sudah nampak potensi pariwisata melalui desa wisata ini akan menjadi primadona untuk pertumbuhan masyarakat sekitar.

Sebagai masyarakat Agam, sudah sepantasnya lah program ini kita dukung dan bisa berjalan lancar, Bupati Agam menargetkan desa wisata bisa terbentuk ditahun 2021 ini, mari kita Doa kan bersama.***Jasman Chaniago/AMC

58 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*