Desa Kolok Nan Tuo Laksanakan MUSRI

Musyawarah Nagari Desa Kolok Nan Tuo.
Musyawarah Nagari Desa Kolok Nan Tuo.

Sawahlunto, Editor.- Musyawarah Nagari (MUSRI) Desa Kolok Nan Tuo Rabu, (29/05/19) dilaksanakan di Aula Rapat Desa setempat untuk membahas masalah Mencegah & Penanggulangan Bencana Alam. 

Pelaksanaan MUSRI kali ini berbeda dari sebelumnya. Agar pembahasan materi lebih fokus, kata Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Kolok Ir. H. Dahler Jamaris Dt. Pangulu Satu, M.Sc, diundang pemateri dari kalangan profesional atau OPD terkait dengan materi pembahasan. Maka untuk materi bencana ini dihadirkan Kepala Badan Kesbangpol & PBD Kota Sawahlunto Adri Yusman. S.Sos, MM. 

Menurut Adri Yusman, Desa Kolok Nan Tuo memiliki potensi bencana alam berupa; longsor, banjir bandang dan angin topan (angin puting belitung). Longsor, kata Dari Yusman, disebabkan hampir 80% riol diseputar Desa Kolok Nan Tuo tidak berfungsi menurut semestinya. Kemudian bencana alam banjir bandang penyebab utamanya adalah minimnya pepohonan yang mampu menyerap air dan semakin gundulnya hutan akibat penebangan liar yang tidak terkendali ditambah parah Sungai Batang Malakutan sebagai Daerah Aliran Sungai (DAS) terus terabrasi akibat eksploitasi dan eksplorasi kiri-kanan sungai secara bebas. Begitu juga dengan angin topan atau angin puting beliung akibat bukit dan lahan luas yang tidak berhutan.

Solusinya, menurut Adri Yusman, seluruh permasalahan tersebut diatasi secara bersama-sama melalui konsultasi, koordinasi dan penanggulangan bencana dengan sistim kegotongroyongan yang melibatkan seluruh stake-holder pemegang kepentingan. Di esa misalnya ada Kelompok Siaga Bencana (KSB) dan Anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) diberikan pelatihan keterampilan khusus yang dianggarkan melalui Dana Desa (DD)., termasuk juga Gerakan Program Desa Tangguh Bencana (DESTANA).

MUSRI ini dihadiri  Sekretaris Desa, Kepala Dusun, Kasi/Kaur, Kepala Desa, Ketua KAN Kolok, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan jajaran Badan Kesbangpol & PBD Kota Sawahlunto. ** Dinno

700 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*