Desa Goiso’oinan Gelar Bimtek RPJMDes

Bimtek RPJMDes di aula kantor Desa Goiso'oinan Sipora Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai.
Bimtek RPJMDes di aula kantor Desa Goiso'oinan Sipora Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Mentawai, Editor.- Bimbingan Teknis (Bimtek) penyusunan RPJMDes Goiso’oinan  kecamatan resmi dibuka Camat Sipora Utara, Marsen, S.Sos, bertempat  di Aula Kantor  Pemerintah Desa Goiso’oinan, Kecamatan Sipora Utara, Senin (11/10/2021). Kegiatan dimulai sejak  pada hari Senin, Pada tanggal 11-12  Oktober 2021  sesuai dengan visi misi pembangunan Desa setempat.

Dalam sambutannya, Camat Sipora Utara, Marsen, S.Sos menyampaikan,  kepada kepala desa yang baru saja  terpilih menjadi kepala desa yang akan menjalankan roda pemerintahan Desa setempat, berarti harus menuju tantangan baru. Pertama, sebelum menginjak 3 bulan terpilih, Kepala Desa harus sudah rampung menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes).  Hal ini termaktub dalam Pasal 79 UU No. 6 tentang Desa Tahun 2014, paparnya camat Sipora Utara.

“RPJMDes mengacu ke rencana pembangunan jangka 6 tahun, sesuai rentan waktu kekuasaan seorang kepala desa untuk sekali masa kekuasaan,” kata Camat Sipora Utara, Marsen, S.Sos dalam Amanatnya saat kegiatan Bimtek pada hari Senin, (11/10/2021).

Lanjutnya, ketika menjalankan program di Desa  sesuai RPJMDes. Jangan salah, selain RPJMDes, pemerintahan desa juga harus menyusun Rencana Kerja Pembangunan Desa yang berlaku untuk satu tahun. RKP ini tentu saja haruslah sesuai yang ada dalam RPJMDes. RKP Desa disusun mulai bulan Juli dan ditetapkan maksimal September tahun berjalan. RPJMDes memuat visi misi kepala desa dan apa yang akan dikerjakannya selama memimpin Desa.

Dalam RPJMDes terdapat Arah kebijakan pembangunan desa, rencana kegiatan yang meliputi penyelenggaraan pemerintahan Desa, pelaksanaan pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan desa dan apa saja kegiatan pemberdayaan masyarakat yang bakal dilakukan pemerintah desa,” tegasnya

Kepada Aparatur Desa, Kata Camat, perlu dilakukannya pembinaan dan koordinasi terkait pembuatan RPJMDes mengingat RPJMDes merupakan dokumen rencana pembangunan dalam masa jabatan 6 tahun kedepan, tuturnya.

Kegiatan Bimtek ini diikuti  menghadiri dalam kegiatan tersebut diantaranya, Camat Sipora Utara, Marsen, S.Sos beserta tim kecamatan,  Kepala Desa Goiso’oinan, Sion Marsutim,

Sekretaris desa setempat, bendahara Desa setempat bersama Staff desa, Ketua BPD Goiso’oinan, Selsius, wakil ketua BPD, Jaibi serta Anggota BPD Goiso’oinan, dan peserta Bimtek lainny ikut hadir dalam kegiatan pelaksanaan bimtek diDesa goisooinan tersebut. **Jumelsen

53 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*