Desa Air Santok Dinilai Tim Penilai Desa Berprestasi Tingkat Sumbar

Pariaman, Editor.- Desa Air Santok, Kecamatan Pariaman Timur, Kota Pariaman dikunjungi oleh Tim Penilai Propinsi Sumatera Barat dalam penilaian desa/kelurahan berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat, Kamis (19/5).

Rombongan tim penilai Propinsi Sumatera Barat yang diketuai oleh Syafrizal Ucok Datuak Nan Batuah langsung disambut oleh Wakil Walikota Pariaman Genius Umar.

Dalam sambutannya Wakil Walikota Pariaman, Genius Umar mengungkapkan, Desa Air Santok merupakan desa terbaik di Kota Pariaman, sehingga diikutkan dalam lomba desa tingkat Provinsi. Desa Air Santok mewakili Kota Pariaman untuk tingkat provinsi karena partisipasi masyarakatnya yang tinggi dan mampu menggunakan anggaran secara efektif dan efisien.

“Dengan dialokasikan Anggaran Desa sebesar 1,4 Milyar terdiri dari 600jt dari pusat dan 800jt dari Pemko Pariaman, Desa kembali bergairah dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembinaan dan pemberdayaan masyarakat, Kepala Desa mampu meningkatkan partisipasi masyarakatnya, karena masyarakat merencanakan, memutuskan, melaksanakan dan mengawasi pekerjaannya sendiri,” ungkap Genius.

 

Untitled-1Diluar konteks kegiatan, Genius juga mengingatkan, dengan perubahan kewenangan pendidikan ke provinsi, diharapkan jangan sampai kualitas pendidikan di Kota Pariaman menurun.

“Kewenangan pendidikan beralih ke provinsi, saya harapkan Provinsi mampu meningkatkan kualitas pendidikan seperti di Kota Pariaman saat ini,” tuturnya dengan bersemangat dan menimbulkan tawa peserta yang hadir.

Ketua tim penilai Provinsi Sumatera Barat, Syafrizal menyebutkan telah terjadi perubahan dalam penilaian lomba desa pada tahun ini dibandingkan tahun yang lalu, tahun lalu indikator penilaian 8 indikator tapi sekarang tidak lagi.

“Dengan keluarnya Permendagri Nomor 81 tahun 2015, penilaian dilakukan dengan beberapa tahap, tahap pertama penilaian administrasi pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan dan tahap kedua klarifikasi kelapangan untuk mengecek kebenaran data yang disampaikan pada tahap pertama,dan tahap yang ketiga inovasi dan kepiawaian Kepala desa dalam mengelola desa secara keseluruhan,” kata ketua tim penilai.

Kegiatan penilaian desa berprestasi ini berlangsung dengan suasana yang akrab dan saling kenal mengenal serta penuh dengan kelakar dan canda tawa, sekaligus makan bajamba bersama.

Hadir pada acara tersebut Wakil Ketua DPRD Kota Pariaman Syafinal Akbar, Wakil Ketua TP PKK Kota Pariaman Ny. Lucy Genius, Ketua DW Persatuan Ny. Afnee Armen, Kepala SKPD, Kabag, Camat, Kepala Desa/Lurah se-Kota Pariaman, Kepala Desa Air Santok Edison dan Unsur Masyarakat. ** Y/Hms/Sgr

692 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*