Dalam Gerakan Menuju Smart City 2023, Kota Sawahlunto Bisa Maksimalkan Anggaran Yang Ada

Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sawahlunto saat zoom meetting.
Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sawahlunto saat zoom meetting.

Sawahlunto, Editor.- Kota Sawahlunto dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang relatif kecil dibandingkan beberapa daerah lain di Indonesia, namun dapat meindikasikan kecerdasan dari hasil yang dibuat. Dengan kata lain, Kota Sawahlunto dapat memaksimalkan anggaran yang ada sehingga bersaing dengan daerah lain di Indonesia yang memiliki anggaran yang lebih besar.

Hal ini disampaikan Ketua Tim Asesor Kelas E Gerakan Menuju Smart City 2023 Indonesia, Hari Febriansyah  PhD Dosen SBM ITB dalam kegiatan Assesment Gerakan Menuju Smart City 2023 Indonesia bersama Pemerintah Kota Sawahlunto yang dilaksanakan secara zoom meetting Selasa, 12 April 2022.

“Suatu hal yang luar biasa bagi Kota Sawahlunto, sebab kita dapat bandingkan jika PAD suatu daerah besar tidak mengherankan Smart City-nya hebat, hal ini banyak dijumpai, tapi kalau PAD kecil Smart City nya berkembang pesat tandanya direncanakan dengan cerdas, Kota Sawahlunto contohnya”, ucap Hari Febriansyah.

Hari Febriansyah juga berharap segala upaya yang telah dilakukan oleh Kota Sawahlunto dapat menjadikan Kota Sawahlunto salah satu Smart city terdepan di Indonesia dengan berbagai inovasi yang dikembangkan Kota Wisata Tambang Berbudaya Sawahlunto yang juga diakui oleh UNESCO sabagai salah satu Situs Warisan Dunia.

Pada kesempatan tersebut Walikota Sawahlunto Deri Asta, menyampaikan misi ke 9 pemeritah Kota Sawahlunto  untuk mewujudkan kota berbasis Smartcity dalam peningkatan kualitas pelayanan publik dan daya tarik investor.

“Strategi pelaksanaan  dalam mewujudkan kota berbasis Smartcity mencakup 6 pilar, yaitu  Smart Governance,  Smart Branding, Smart Economy, Smart Living, Smart Society dan Smart Environment yang dilaksanakan secara menyeluruh di Kota Sawahlunto” jelas Deri Asta.

Walikota Sawahlunto mengucapkan terimakasih kepada Tim Asesor yang sudah memberikan pencerahan dengan harapan Tim Asesor mendukung penuh percepatan Smart city Kota Sawahlunto.

Hadir juga pada zoom metting tersebut, Wakil Walikota Sawahlunto, Zohirin Sayuti, SE,  Hari S. Nugroho dari Ikatan Asossiasi Sistem Informasi Indonesia,  Henny Puspitasari dari Kementerian Kominfo Bidang Perekonomian, Dr. Sri Yulianto J.P, S.Si, M.Kom, Dosen UKSW Salahtiga, dan Muhammad Fahru dari Kementerian Kominfo.** Leo/Rhian/Hms

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*