CJH Kabupaten Solok Tahun 1441 H -2020 M Lakukan Pertemuan Awal

Pertemuan awal CJH Kab. Solok.
Pertemuan awal CJH Kab. Solok.

Koto Baru, Editor.- Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kab. Solok melaksanakan pertemuan awal dengan Calon Jemaah Haji )CJH)Kabupaten Solok Tahun 1441 H -2020 M, berttempat di  Aula Kemenag Kab Solok, Kamis (16 /1).  

Hadir pada kegiatan ini Bupati Solok Diwakii Staf ahli Bidang Pemerintahan Mulyadi Marcos, SE, MM, Kakan Kemenag H.Alizar, Kasubag Aministrasi Pembinaan Mental dan Spritual Bagian Kesra H. Edmizal,SE, KUA Sekabupaten Solok, Pimpinan KBIH Kab Solok, Perwakilan Bank Terkait dan Jemaah Calon Haji Kabupaten Solok.

Ketua panitia kegiatan Panitia Alizar dalam laporannya menyampaikan, tujuan dari kegiatan ini antara lain untuk penataan ulang terhadap calon jemaah haji yang nomor porsinya masuk dalam quota tahun 2020 berdasarkan estimasi yang telah ditetapkan dari pusat. Memberikan informasi –informasi terkait dengan persiapan administrasi dan dokumentasi lainya seperti pasport,pemeriksaan kesehatan dll.

Jumlah calon jemaah haji kabupaten solok untuk tahun 1441 H – 2020 M.berjumlah 189 orang yang terdiri dari kecamatan kubung 64 orang, kecamtan X Koto singkarak 19 orang,kecamtan Bukit Sundi 16 orang,Kecamatan lembah Gumanti 23 orang,kecamatan Gunung Talang 29 orang,Kecamatan X koto Diatas 10 orang,kecamatan Hiliran Gumanti 8 orang,kecamatan Pantai Cermin 9 orang,kecamatan Danau Kembar 2 orang,Kecamatan Junjung Siriah 10 orang.

“Untuk penerbitan pasport dan visa maka setiap calon jemaah diwajibkan untuk memenuhi beberapa persyaratan administrasi berupa KTP,KK,Akte Kelahiran,Ijazah dan surat nikah. Kemudian pembinaan manasik mandiri dilaksanakan oleh KBIH yang ada di kab solok dan telah memiliki izin operasional dari kantor wilayah Kementrian Agama Prov. Sumbar,” kata Alizar.

Pembinaan manasik dengan operasional penyelenggaraan akan dilaksanakan sebanyak 10 kali  pertemuan dengan perincian 8 kali dikecamatan dan 2 kali di kabupaten. Setiap calon jemaah  haji wajib mendapatkan istita’ah kesehatan dari tim kesehatan haji kabupaten solok sebelummelakukan pelunasan BPIH yang mana pelaksanaan tes kesehatan dilakukan di puskesmas dan RSUD terdekat selain itu juga wajib melaksanankan tes kebugaran haji minimal 2 kali.

Sementara itu, Bupati Solok yang diwakili Ahli Bidang Pemerintahan Mulyadi Marcos, SE, MM mengucapkan selamat kepada yang sudah mendapatkan porsi untuk calon jemaah haji Kabupaten Solok tahun 1441 H.- 2020 M.

“Saya berharap calon jemaah haji kabupaten solok untuk dapat mengikuti bimbingan manasik dengan baik dan serius. Jaga selalu kondisi kesehatan mulai dari sekarang,bila ada riwayat penyakit segera konsultasikan pada tim kesehatan maupun rumah sakit terdekat. Pasang niat yang baik dari sekarang dan ,Peliharalah kekompakan dan  kerjaama dengan sesama Jemaah. Berusahalah menambah ilmu baik melalui bacaan tontonan maupun media sosial lainya yang menyangkut dengan masalah haji,” kata Mulyadi Marcos. ** Tiara/Jetra/Hms 

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*