Ceramah Mubaligh Tanpa Jama’ah di Padang Panjang

Mesjid yang terkunci di Padang Panjang.
Mesjid yang terkunci di Padang Panjang.

Padang Panjang, Editor.-  Untuk pertama kalinya  mubaligh  di Kota Padang Panjang berceramah di masjid  dengan pintu ditutup tanpa jemaah, hari Jum’at lagi.

Menurut  Eri, Kabag Kesra Setdako Padang Panjang, hal itu sengaja dilakukan oleh 19 mubaligh di 19 mesjid yang ada di Kota  yang berjuluk Serambi Mekah itu,  sebagai sosialisasi  program/ pesan  Pemerintah  dan MUI dalam upaya pencegahan penyebaran  corona.

Salah satunya untuk tidak ngotot  dalam pelaksanaan shalat Jumat.

Sesuai himbauan MUI, shalat  Jumad dapat diganti   dengan shalat zuhur di rumah, sebab jika dipaksakan  shalat jumad di mesjid, akan membuat orang berkumpul hingga sulit untuk memutus rantai  Covid-19.

Para mubaligh yang memulai ceramahnya secara serentak sekitar pukul 10 .00 Wib ini juga mengingatkan agar masyarakat dapat  mematuhi  himbauan Pemerinrah  dalam mencegah penyebaran corona. Caranya dengan menjaga jarak sosial, menjaga jarak fisik,  pola hidup sehat dengan banyak makan sayur dan buah, menjaga kebersihan lingkungan, sering cuci tangan dengan  sabun, berjemur di matahari pagi, dan stay at home. Kalau tidak perlu benar jangan keluar.

Walau  ceramah  para mubaliqh  dari kota Padang Panjang ini tanpa menghadirkan jemaah, diyakini masayarakat  mendengarnya  dengan serius dari rumah.” Kira kira seperti mendengar ceramah dari radiolah, dimana masyarakat mendengar tidak berhadapan lansung dengan mubaligh,” papar Eri.

Dari pengamatan Editor,  sejak musim corona hingga  Jumad ,3/4-20  kemaren,  sudah yang kedua kalinya  Mesjid Padang Panjang tidak menggelar shalat Jumad.

Kemaren itu  beredar informasi kalau  di salahsatu mesjid di Paninjauan,  daerah teta

ngga  Padang Panjang ( red) akan ada pelaksanaan shalat fardu Jumad.Tapi  itu tidak terbukti. Sejumlah orang dari Padang Panjang yang terlanjur pergi, balik ke rumah untuk menunaikan shalat zuhur.  ** Yet/Ym

747 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*