Bupati Suhatri Bur Serahkan 95 Sertifikat Persil serta Bantuan Alat Tangkap Ikan Kepada Nelayan Sungai Limau

Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur yang didampingi Ketua DPRD Arwinsyah menyerahkan bantuan alat tangkap ikan kepada nelayan Kecamatan Sungai Limau.
Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur yang didampingi Ketua DPRD Arwinsyah menyerahkan bantuan alat tangkap ikan kepada nelayan Kecamatan Sungai Limau.

Sungai Limau, Editor – Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman melalui Dinas Perikanan (Diskan) lakukan berbagai upaya dan inovasi untuk memberi kemudahan bagi para nelayan.

Salah satunya dalam bentuk peningkatan kerjasama dengan berbagai pihak seperti Pemerintahan Pusat, Pemerintahan Provinsi Sumatera Barat, dan BUMN/BUMD yang ada di Sumatera Barat.

Sehingga beberapa tahun ini berbagai bantuan mengalir ke Padang Pariaman dan banyak program dari pemerintah pusat yang dialokasikan pada sektor kelautan dan perikanan yang dikelola oleh Diskan Padang Pariaman.

Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, sangat mengapresiasi berbagai upaya yang dilakukan oleh Dinas Perikanan tersebut.

Menurutnya, program dan bantuan yang telah diterima ini dapat memudahkan masyarakat dalam berusaha dan meningkatkan perekonomiannya, khususnya para nelayan.

“Memudahkan masyarakat dalam berusaha adalah kewajiban pemerintah, makanya hal seperti ini harus selalu ditingkatkan, seluruh OPD harus berpacu untuk membantu masyarakat sesuai tusinya masing-masing,” kata Suhatri Bur dalam sambutannya pada acara Penyerahan Sertifikat Hak Atas Tanah Nelayan, Sarana Penangkapan Dan Pemasaran Ikan di Kantor Camat Sungai Limau, Jumat (22/07).

Kemudian Suhatri Bur yang didampingi Kadiskan Khairul Nizam, S.Pi, MM juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak yang telah memberi bantuan kepada Padang Pariaman.

Ia berpesan, kepada para nelayan untuk terus menjaga dan memanfaatkan fasilitas yang telah diberikan.

“Semoga memberi manfaat lebih, sehingga juga dapat meningkatkan produktivitas para nelayan dalam usahanya masing-masing,” tutupnya.

Turut hadir ketua DPRD Padang Pariaman Arwinsyah, Anggota DPRD Rahman Rizal, Asissten 2 Setdakab Zainil, Camat beserta unsur Forkompimcam Sungai Limau, serta wali nagari di kecamatan setempat.

Berdasarkan data dari Diskan beberapa bantuan yang telah diserahkan secara simbolis adalah sarana dan perlengkapan di bidang perikanan antara lain Sertifikat Tanah Nelayan sebanyak 95 Persil untuk Nelayan di Nagari Pilubang.

Kegiatan ini kerjasama Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman dengan BPN. Sertifikat diserahkan sebagai upaya peningkatan akses permodalan bagi nelayan agar usahanya berkembang secara mandiri.

Kemudian pengadaan mesin tempel dari DAU sebanyak 14 Unit, sarana Penangkapan Ikan dari APBN adalah Alat Penangkapan Ikan Gilnet Monofilamen sebanyak 50 Paket untuk nelayan batang gasan, dan motor roda tiga sebanyak tiga unit.

Di samping itu juga dilakukan peningkatan armada penangkapan ikan yaitu pengadaan Kapal Fiber 3 GT untuk nelayan padang pariaman sebanyak 18 unit serta perlengkapannnya.

Kemudian peningkatan ruas jalan, rabat beton di kawasan Kalaju Nagari Gasan Gadang sepanjang 100 Meter.

Juga bantuan dari CSR PT. Hutama Karya, Tempat Pembuangan Sampah Sementera sebanyak 20 Buah di Nagari Gasan Gadang. Dan mesin Tempel 15 PK sebanyak 39 Unit, Rumpon 3 paket dan Mesin 40 PK sebanyak 2 Unit dari APBD Provinsi Sumatera Barat.

Dihubungi terpisah Sekretaris Diskan, Anton Wira Tanjung mengatakan bahwa segala bantuan yang telah diserahkan, di dapat atas komunikasi yang baik Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman dengan berbagai pihak. Menurutnya ini menunjukan salah satu bentuk kepedulian pemerintah kepada masyarakat, terkhusus di bidang perikanan.

“Mudah-mudahan upaya ini sejalan dengan visi daerah mewujudkan Padang Pariaman Berjaya, dengan meningkatkan sektor perekonomian masyarakat di pinggiran pantai Padang Pariaman,” katanya singkat, Sabtu (23/07). ** Rafendi/Rel IKP-Kominfo

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*