Bupati Solok Resmikan Bank Sampah, Kampung KB di Paninggahan

Junjung Sirih, Editor.- Pemerintah Daerah Kabupaten Solok telah memerintahkan kepada seluruh kepala OPD untuk melakukan semua upaya untuk meningkatkan layanannya kepada masyarakat. Hal itu adalah salah satu bentuk usaha pemerintah untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakatnya.

Dalam rangka menjaga dan melindungi habitat yang ada di danau Singkarak, diharapkan kepada seluruh masyarakat untuk dapat mengawasi dan menjaga kebersihan danau. Dengan itu akan dapat meningkatkan kunjungan wisata di seputaran Danau Singkarak.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Solok, H. Gusmal, SE, MM pada Replikasi Kalpataru, Persmian Bank Sampah dan Peresmian Kampung KB di Nagari Paninggahan, Kamis (17/11).

Lebih lanjut dikatakan, sehubungan dengan terbentuknya Kampung KB di Jorong Gantiang Padang Palak ini, diharapkan akan banyak bermunculan kampung-kampung KB yang lain di Kabupaten Solok untuk memberikan kemudahan akses informasi dan pelayanan program KKBPK.  Kampung KB berupaya memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk memperoleh pelayanan total program KB dan program lainnya sebagai upaya mewujudkan keluarga sejahtera dan berkualitas.

“Kampung KB menjadi salah satu inovasi strategis dalam upaya realisasi pelaksanaan kegiatan kegiatan program BKKBP secara utuh dan terintegrasi, yang dikelola dan diselenggarakan dari oleh dan untuk masyarakat di tingkat Nagari dalam upaya mewujudkan keluarga berkualitas,” jelas Gusmal.

Sebelumnya panitia penyelenggara melaporkan, hari ini akan melaksanakan penanaman pohon yang mana bibit ini bersumber dari bantuan PT Aqua sebanyak 300 batang.

Penghijauan kawasan Danau Singkarak dengan pohon produktif ini bertujuan agar dapat menahan pinggir danau Singkarak dari abrasi pantai, serta dapat membantu proses pemindahan ikan bilih disaat bertelur.

Selain itu untuk meningkatkan populasi endemik danau Singkarak terutama ikan bilih  dan  meningkatkan kunjungan wisatawan dan pengembangan terutama wisata alam Danau Singkarak, khususnya Danau Singkarak bagian Barat.

Lokasi penghijauan dan kebersihan pinggir Danau Singkarak ini direncanakan di tiga nagari yang ada di pinggir Danau Singkarak bagian barat, di antaranya Nagari Paninggahan, Nagari saniangbaka dan Nagari Guguak Malalo.

Ikut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Barat, Asisten Koordinator Bidang  Ekbangkesra Drs. H.Suharmen, MM, Kadis Sosial Drs. Raflis, MM, Kasat Pol.PP Drs. Efriadi, MM, Kalaksa BPBD Dasril, Kadis KLH Kab. Solok H. Abdul Manan, Kabag. Humas Devi Pribadi, S.Sos, Sekretaris DPPKB-P3A (Syafrizal Bahar, SE, MM, Camat Junjung Sirih Herman, SH, S.Sos, Koordinator Relawan CSR AQUA beserta rombongan, Perwakilan Bank Nagari dan Wali Nagari Paninggahan Yoserizal, S.Ag. ** Febrian D’Gumanti/Olga/Hms

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*