Bupati Solok Launching Program Sekolah Umum Berbasis Pesantren Mandiri

Bupati Gusmal saat memberi sambutan pada launcing SUBP Mandiri di Kec. Gunung Talang.
Bupati Gusmal saat memberi sambutan pada launcing SUBP Mandiri di Kec. Gunung Talang.

Koto Gadang Guguak, Editor.- Bupati Solok, H. Gusmal, SE, MM memberi apresiasi  kepada Korwil dan Camat Gunung Talang yang telah berkarya dan berkreasi menciptakan sebuah gagasan yang kita sebut dengan sekolah umum berbasis pesantren dengan cara mandiri.

“Kegiatan ini sangat bagus untuk menanamkan pondasi pendidikan agama sejak dini kepada anak-anak kita, mulai dari membaca alguran, sholat berjamah dan kegiatan keagamaan lainya sehingga nantinya bisa terhindar dari pergaulan yang menyimpang,” kata bupati Solok, Gusmal, dalam sambutannya pada Launching Program Sekolah Umum Berbasis Pesantren Mandiri Jenjang SD Kecamatan Gunung Talang, di SD N 06 Koto Gadang Guguak Jum’at (5/4).

Lebih lanjut dikatakan bupati, Program SUBP sudah menjadi tanggung jawab kita bersama dalam menciptakan anak-anak yang berakhlak mulia serta terhindar dari pergaulan bebas,pemakai narkoba dan LGBT.

Menyangkut sarana dan prasarana pemerintah akan berusaha  memenuhi namun karna keterbatasan dana yang ada pemerintah  tentu perlu dukungan dari masyarakat dan orang tua murid , agar kegiatan SUBP ini bisa berjalan dengan baik.

“Kepada kepala Disdikpora agar menyerukan seluruh korwil kecamatan di kabupaten solok untuk membentuk SUBP mandiri  di wilayah kecamatannya masing-masing,” pinta Gusmal.

Sebelumnya Korwil  Bidang Pendidikan Kecamatan Gunung Talang Irnes Jakli, Sy, M.Pd melaporkan, sebagai mana diketahui di Kecamatan Gunung Talang ada 14 SD dari 42 SD yang ditunjuk Untuk SD percontohan sekolah umum berbasis pesantren ,yang mana 12 diataranya berada di nagari cupak 1 di Nagari Jawi-Jawi  dan 1 di Nagari Talang. Beberapa sekolah sudah mengakomodasi program SUBP ini, namun karena keterbatasan dana dan prasarana kami bersepakat untuk melaksanakan program melalui jalur mandiri.

Program jalur mandiri ini kami sadari juga memerlukan sarana prasarana yang memadai termasuk juga tenaga guru yang akan mendidik anak-anak kita dalam mendukung program ini sehingga kami melakukan alternatif-alternatif kegiatan ekstrakurikuler  keagamaan yaitu fikih ibadah dan pendidikan Alqur’an. Memberikan pembelajaran tahfidz, sholat Dzuhur berjamah di sekolah, puasa Senin Kamis, kegiatan muhasabah bersama yang sudah dilaksanakan dihampir semua sekolah di Kecamatan Gunung Talang.

“Untuk itu kami sangat membutuhkan sarana dan prasarana yang memadai seperti ruangan sholat dan tempat berwudhu yang masih kurang,” kata Irnes Jakli.

Hadir pada kegiatan ini Bupati Solok H.Gusmal, SE, MM, Ketua TP-PKK Kabupaten Solok Ny. Hj.Desna Devi, SH, Camat Gunung  Talang Misran, SPd, Kapolsek Gunung Talang Yasril Mochtar, Danramil Gunung Talang Dyan Mahendra , Kepala SD se Kecamatan Gunung Talang, para guru serta murid SD N 06 Koto Gadang Guguak  Kecamatan Gunung Talang,  serta para undangan lainya. ** ** Rhian/Jetra/Hms

1014 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*