Bupati Solok Launching Penggunaan Ekskavator

Bupati Solok malakukan launching pemakaian ekskavator di Aanau Kadok.
Bupati Solok malakukan launching pemakaian ekskavator di Aanau Kadok.

Talang, Editor.- Bupati Solok launching penggunaan ekskavator dan goro bersama masyarakat di jorong Anau Kadok Nagari Talang, Kamis (21/10/2021).

Hadir pada kegiatan ini Bupati Solok H. Epyardi Asda, M.Mar, Plt. Camat Gunung Talang Donly Wance Lubis, Sekretaris Pertanian Miharta Maria, Sekretaris DPMN Ricky Carnova, Wali Nagari Talang Zulpadri, Wali Nagari se Kcamatan Gunung Talang dan Forkopimcam Talang.

Dalam sambutannya Bupati Solok H. Epyardi Asda, M.Mar mengatakan, hari ini kita akan mengoperasikan  penggunaan ekskavator di Nagari talang dengan melakukan goro bersama masyarakat.  Harapan saya dengan adanya ekskavator ini bisa bermanfaat untuyk membantu  meringankan  beban  masyrakat dan melihat tanah disini sangat  subur untuk lahan pertanian, untuk itu selanjutnya tugas pemerintah daerah  untuk membina petani dalam  mendapatkan hasil yang lebih baik.

Penggunaan ekskavator ini adalah untuk membuka jalan usaha tani dengan cara gotong royong dan semua biaya yang ditimbulkan termasuk operator dan biaya peliharaanya adalah tanggung jawab Pemda, Wali Nagari hanya menyediakan minyak.

Jalan yang sudah selesai dibuka ekskavator  nanti akan dicor, lalu setelah itu diminta wali Nagari untuk mendata masyarakat yang mempunyai lahan, dan pemilik lahan diminta untuk menggali lobang. Selanjutnya pemda akan berikan bibit gratis sesuai apa yang cocok ditanam di Nagari tersebut. Setelah itu akan diusahakan air dan listrik masuk ke ladang – ladang itu.

“Disini saya lihat cocok untuk tanaman alpokat, pepaya dan pisang. Untuk itu silahkan pak wali didata gapoktannya nanti kita akan berikan bibitnya melalui Dinas Pertanian. Bagi masyarakat yang mempunyai lahan dan sudah membentuk gapoktan silahkan berkoordinasi  dengan dinas pertanian untuk mendapatkan bibit gratis,” kata Epyardi Asda.

Sementara itu Wali Nagari Talang Zulpadri dalam sambbutannya mengucapkan terimakasih kepada Bupati Solok atas bantuan ekskavator untuk kecamatan gunung talang, dan Nagari talang berkesempatan  pengoperasian pertama untuk membuka jalan usaha tani di jorong Anau Kadok.

“Pembukaan jalan usaha tani Ini adalah  harapan dan cita- kami dari dahulu. Alhamdulillah dimasa kepemimpinan bapak bupati sudah dapat terwujud. Kami mempunyai lahan tidur lebih kurang 300 hektar yang siap untuk digarap,” kata Zulpadri

Selanjutnya bupati bersama masyarakat gotong royong bersama membuka jalan usaha tani di jorong anau kadok Nagari Talang Kecamatan Gunung Talang. ** Tiara/Hms

63 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*