Bupati Solok Canangkan Bulan Bakti Dasawisma 2019

Bupati Gusmal saat menyerahkan bantuan dari Baznas Ka. Solok.
Bupati Gusmal saat menyerahkan bantuan dari Baznas Ka. Solok.

Alahan Panjang, Editor.- Bupati Solok, H. Gusmal, SE, MM melakukan pencanangan Bulan Bhakti Dasa Wisma yang bertema “Melalui Bulan Bakti Dasawisma Kita Sukseskan Program Empat Pilar Pembangunan Di Kabupaten Solok”, di Lapangan Nagari Salimpek, Kec. Lembah Gumanti,  Jumat (15/3).

Dalam sambutannya bupati mengucapkan terima kasih kepada TP PKK yang telah banyak membantu pemerintah dalam menyejahterahkan ekonomi masyarakat, termasuk juga meningkatkan masyarakat yang sadar kesehatan dan pendidikan.

“Amalkan semboyan dasawisma “hijau perkaranganku, bersih lingkunganku, sejahtera keluargaku” Lestarikan budaya gotong royong, termasuk menghijaukan lingkungan dianatar nya dengan memaksimalkan pemanfaatan perkarangan rumah dengan menanam berbagai tumbuhan toga dan sayuran serta buah lainnya,” kata Gusmal yang setelah memberikan sambutan secara simbolis menyerahkan sertifikat dan bantuan jamban sehat dari Baznas.

Pada kesempatan tersebut bupati juga menghimbau masyarakan untuk membuudayakan pola hidup bersih dan sehat dengan melakukan penyuluhan pola hidup sehat di masing-masing dasawisma, serta berpesan agar setiap kelompok dasaweisma dapat tetap melaksanakan berbagai jenis program kegiatan PKK dengan maksimal.

Sebelumnya Wali Nagari Salimpek menjelaskan Sesuai dengan program PKK, pada tahun 2018 nagari Salimpek menjadi nagari binaan PKK Kec. Hiliran Gumanti. Masyarakat sangat antusias dengan berbagai kegiatan dan program PKK dalam rangka memajukan nagari dan mensejahterakan masyarakat. Pemerintah kecamatan dan nagari akan selalu mendukung dan memfasilitasi PKK dalam berbagai kegiatannya

“Masalah lingkungan termasuk BAB/sanitasi, untuk nagari salimpek sudah menjadi jamban sehat dengan pencapaian 87.%. Selain itu juga melaksanakan program pemerintah daerah seperti magrib mengaji dan subuh berjamaah,” jelasnya.

Sementara itu Ketua TP PKK Kab. Solok dalam sambutannya mengatakan, kali ini merupakan tahun ketiga pelaksanaan Bulan Bakti Dasawisma di Sumatera Barat. Dengan tema yang ada, di bidang kesehatan di titikberatkan pada peranan TP PKK dalam pencegahan stunting. Selain juga akan membentuk nagari binaan untuk meminimalisir masalah stunting tersebut

Kegiatan ini bertujuan mendorong dasawisma untuk berperan aktif menyukseskan program pembangunan pemerintah Kab. Solok yang tertuang dalam RPJMD tahun 2016-2021. Manfaatkan perkarangan untuk memenuhi gizin keluarga serta pola hidup sehat,” kata Desna Devi Gusmal.

Hadir pada kegiatan  tersebut Bupati Solok, H. Gusmal, SE. MM, Asisten Koor Bid. Ekbangkesra, Drs. Aliber Mulyadi, Ketua TP PKK Kab. Solok, Ny. Desna Devi Gusma, Anggota DPRD kab. Solok, Arlon Sutan Sati, Kadis Kesehatan, dr. Sri Efianti, Kadis Dukcapil, Radhiatul Hayat, Kadis Parbud, Yandra, Kadis BKPSDM, Ferisnovel, Kadis Koperindag, Nasripul Romika, Kadis , Medison, Kadis Perhubungan, Eva Nasri, Camat Lembah Gumanti, Zaitul Ikhlas beserta Camat se Kab. Solok lainnya, Ketua TP PKK Kec. Lembah Gumanti,Ny. Yosi Zaitul Ikhlas dan Forkopimcam Kec. Lembah Gumanti ** Rhian/Doni/Hms

903 Total Dibaca 1 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*