Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur Dukung Program Peningkatan Mutu Guru dan SDM

Bupati Suhatri Bur yang didampingi Wabup Rahmang dan Sekdakab Rudy Repenaldi Rilis menerima kunjungan tim bidang pendidikan Apkasi.
Bupati Suhatri Bur yang didampingi Wabup Rahmang dan Sekdakab Rudy Repenaldi Rilis menerima kunjungan tim bidang pendidikan Apkasi.

Parik Malintang, Editor.- Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) mempunyai program unggulan di bidang pendidikan yang dinamakan Program Peningkatan Mutu Guru dan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur di daerah.

Berkaitan dengan itu, Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara bersama Tim Bidang Pendidikan Apkasi melakukan Audiensi dan Sosialisasi, terkait pelaksanaan Program Unggulan Apkasi Bidang Peningkatan Mutu Pendidikan dan SDM di Kabupaten Padang Pariaman di ruang Rapat Sekda Komplek IKK (Ibu Kota Kabupaten) Nagari Parik Malintang Kecamatan Anam Lingkuang, Rabu (19/1).

Kegiatan audiensi dihadiri Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, SE, MM didampingi Wakil Bupati Padang Pariaman Drs Rahmang, MM, dan Sekretaris Daerah Kabupaten Rudy Repenaldi Rilis, SSTP.

Sementara rombongan dari Apkasi dan yayasan pendidikan Adiluhung Nusantara diwakili Drs Sakhiatulo Laoli, MM selaku Ketua Dewan Pembina Apkasi dan mantan Bupati Nias Sumatera Utara, Dr. Himmatul Hasanah, MP, Staf ahli Apkasi bidang pendidikan, Thalaal Badru dan Aditya Surya selaku pemateri, Umi Kasanah sebagai sekretaris Tim.

Dalam sambutannya, Bupati Suhatri Bur sangat mengapresiasi kedatangan Ketua Dewan Pembina Apkasi bersama rombongan.

Ia mengatakan, Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman sangat memprioritaskan pembangunan di sektor pendidikan dan peningkatan SDM aparatur di daerah. Karena, tidak mungkin kita mencapai kesejahteraan masyarakat tanpa didukung oleh kualitas pendidikan yang memadai.

“Sebagaimana visi dan misi dari Bupati dan Wakil Bupati yakni Padang Pariaman Berjaya, yang sudah tertuang dalam dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah RPJMD tahun 2021-2026 Visi yang yang menjadikan Padang Pariaman yang Unggul Berkelanjutan, Religius, Sejahtera dan Berbudaya tersebut, tidak akan dapat terwujud tanpa didukung oleh kemajuan di bidang pendidikan dan peningkatan kualitas SDM aparatur pemerintah daerah,” jelas Suhatri Bur.

Bupati Suhatri Bur menambahkan, pihaknya akan memfasilitasi program unggulan Apkasi bidang pendidikan dan dapat dilaksanakan di Kabupaten Padang Pariaman dalam tahun ini.

“Kita akan siapkan pelaksanaan program Peningkatan Mutu Pendidikan dan SDM pada tahun ini, apabila tidak dapat dilaksanakan karena belum diakomodir dalam APBD tahun 2022. Akan diupayakan untuk pelaksanaan program ini, di tahun 2023 mendatang,” ujarnya.

Menurut Ketua Dewan Pembina Apkasi Drs. Sakhiatulo Laoli, MM. Program ini berbentuk pelatihan guru maupun SDM, yang dikemas kreatif dan inovatif untuk mendukung kecakapan guru dan SDM daerah. Agar mereka dalam mengajar menyenangkan, maupun berkomunikasi aktif berbahasa Inggris dalam berbagai kegiatan.

“Program ini, kami pandang sangat berguna bagi daerah. Terutama untuk peningkatan kompetensi guru

maupun SDM aparatur pemerintah daerah, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kemampuan guru

maupun SDM aparatur dalam membangun daerah,” ungkapnya.

Dikatakan, sejak diluncurkan pada tahun 2011, program ini telah melatih lebih dari 160.000 guru pada 180 kabupaten di seluruh Indonesia. Dari testimoni peserta yang mengikuti program ini, mereka sangat antusias dan sangat berharap program ini dapat dilaksanakan bagi guru dan SDM aparatur di seluruh negeri khususnya di Kabupaten Padang Pariaman.

Usai audiensi, acara dilanjutkan dengan sosialisasi dan pemaparan program yang disampaikan oleh Dr. Himmatul Hasanah, MP bersama dua pemateri lainnya.

Juga ikut hadir dalam acara sosialisasi itu, Staf Ahli Bupati Alfian, S.Si, M.Si, Asisten Pemerintahan dan Kesra Rudi Rahmad, SE, MM, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Drs Anwar, M.Si, Kepala Bapelitbangda Ir Ali Amran, MP, Kepala BPKD Taslim, SE. Ak. Kepala BKPSDM Drs. Armeyn Rangkuti, M.Si, Sekretaris Diskominfo Ali Mustafa, S.STP, MM, Kabag Tata Pemerintahan dan Kerjasama Wirson, S.Sos. MM, Kabag Prokopim Anesa Satria, SH, MM, dan Kasubag Kerjasama Defri Marta, S.STP. ** Rafendi/Rel

90 Total Dibaca 2 Dibaca hari ini
Share
Previous Image
Next Image

info heading

info content

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*