Bupati Limapuluh  Motivasi Peserta Seleksi CPNS 2021

Bupati Limapuluh Kota saat meninjau seleksi CPNS.
Bupati Limapuluh Kota saat meninjau seleksi CPNS.

Limapuluh Kota, Editor.- Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo  tinjau pelaksanaan Seleksi Kemampuan Dasar (SKD)  Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di SMPN 1 Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota pada hari pertama, Rabu (15/9/2021).

Dalam peninjauan itu, Bupati Syafaruddin Dt.Bandaro Rajo  didampingi Sekretaris Daerah Limapuluh Kota Widya Putra, S.Sos, M.Si serta Asisten I Pemerintahan, Drs. Dedi Permana dan Plt. Inspektur, Suherman SE serta sejumlah Kepala  OPD.

Dalam kunjungan tersebut, Bupati Safaruddin Dt. Bandaro Rajo juga berkesempatan memberikan semangat dan motivasi kepada para peserta seleksi kompetensi dasar CPNS 2021 itu, untuk yakin kepada kemampuan diri sendiri dalam mengerjakan soal-soal yang diberikan panitia.

“Yakinkan diri  bahwa kita mampu menjawab soal-soal ini, dengan tujuan mulia untuk menjadi ASN di Lima Puluh Kota. Tetap fokus dan jangan terpengaruh akan hal hal sekitar.

Panitia seleksi tentu tidak akan merugikan peserta,. Selamat ujian, semoga sukses,” ujar Bupati menyemangati peserta seleksi.

 

Bupati Ingatkan Prokes Covid 19

Selain memberikan motivasi kepada peserta seleksi agar percaya diri dengan niat yang tulus untuk mengabdi sebagai ASN  di Kabupaten Limapuluh Kota, Bupati Safaruddin Dt. Bandaro Rajo juga memberikan  apresiasi pelaksanaan tes SKD dengan mengutamakan disiplin protokol kesehatan covid 19, sesuai peraturan yang telah diterapkan oleh panitia pusat.

“Pelaksanaan ujian yang baik dengan mengutamakan mekanisme protokol kesehatan covid 19, diharapkan nantinya tidak akan menambah klaster baru di Kabupaten Lima Puluh Kota. Semoga kita sehat selalu, ujar Bupati.

14.182 orang ikut  memperebutkan kouta 424 formasi

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Lima Puluh Kota, Aneta Budi Putera AP. M.Si menjelaskan, peserta tes SKD ini merupakan peserta yang telah lolos seleksi administrasi, dengan jumlah 14.182 orang, yang akan memperebutkan kouta 424 formasi teknis dan tenaga kesehatan.

“Pelaksanaan ujian ini  akan berlangsung hingga tanggal 4 Oktober 2021  mendatang. Dalam satu hari ada tiga sesi, kecuali hari Jumat, sehingga waktu ujian akan berlangsung selama 20 hari. Setiap sesi ada sekitar 210 peserta,” papar Budi.

Setelah melaksanakan seleksi SKD, panitia akan segera melakukan proses klarifikasi untuk selanjutnya dilaksanakan persiapan tahapan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang jadwalnya masih menunggu konfirmasi dari BKN

“Peserta yang ikut SKB yaitu peserta yang telah dinyatakan lulus seleksi SKD. Jadi jumlah peserta yang akan ikut SKB maksimal sebayak tiga kali formasi, dimana para peserta ini akan di ranking berdasarkan passing grade dari Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dengan nilai ambang batas minimal lolos 166, Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dengan nilai ambang batas minimal lolos 85 dan Tes Intelegensia Umum ( TIU) dengan nilai ambang batas minimal lolos 80. Itupun nanti masih tergantung pada hasil masing masing peserta. Misal, disalah satu formasi yang lolos SKD tersebut cuma satu, cuma satu orang itu lah yang berhak mengikuti sleksi SKB. Sedangkan untuk formasi khusus penyandang disabilitas nilai ambang batas komulatif 286 dengan nilai TIU paling rendah 60,” Imbuhnya.

Untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid 19, Kepala BKPSDM Kabupaten Lima Puluh Kota itu juga mewajibkan kepada peserta seleksi untuk menunjukan hasil tes Swab Antigen maupun PCR yang masih berlaku saat melakukan registrasi sebelum ujian berlangsung.

“Kami menghimbau agar para peserta dan panitia sleksi untuk dapat menjaga protokol kesehatan covid 19, dengan harapan setelah selesai seleksi ini tidak menimbulkan sejumlah klaster klaster baru di daerah ini,” jelasnya.

Terkait akselerasi vaksinasi covid-19, diharapkan peserta seleksi CPNS dapat menjadi agen penyampaian informasi program vaksinasi dan menggencarkan ajakan vaksinasi kepada masyarakat luas. Ke depan pelaksanaan vaksinasi akan semakin optimal melalui langkah-langkah yang lebih kreatif, dan upaya-upaya lainnya yang lebih masif, katanya.

Sementara Eka Hanjaya Kasubid Pengadaan BKPSDM 50 Kota yang dihubungi media ini melalui wast App mengatakan, Total formasi 2021 yang ditetapkan Menpan RB sebanyak 877 yang terdiri dari CPNS : 410 orang, meliputi untuk tenaga kesehatan 192, tenaga Teknis  218 dan untuk PPPK  467 terdiri dari tenaga Guru   453 dan kesehatan 14, rincinya ketika ditanya.

Khusus tahun ini tenaga guru hanya diterima dari PPPK. Pelaksanaan seleksinya langsung oleh kemendikbud.

Utk seleksi CPNS dan PPPK kesehatan dilaksanakan oleh masing masing  pemkab bekerja sama dengan BKN sebagai panitia seleksi nasional.

Proses seleksinya ada tiga tahap, yaitu seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar dan seleksi kompetensi bidang. Saat ini proses seleksi sudah dalam seleksi kompetensi dasar, jelas Eja Hanjaya.** Yusrizal/Adv

[tribulant_slideshow gallery_id=”3″]

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*